Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cabang-cabang Ilmu Psikologi yang Umum Dipilih

takaksehat.com__Berbicara mengenai cabang psikologi, memang sangatlah banyak. Bahkan psikologi sendiri dapat tergolongkan menjadi 2 jenis, yaitu psikologi umum dan juga khusus. Dalam mempelajari bidang ini, sebelum itu Anda harus mengetahui terkait apa saja cabang-cabang ilmu psikologi.

Cabang-cabang Ilmu Psikologi yang Umum Dipilih

Cabang-cabang Ilmu Psikologi

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa jenis dari psikologi terdapat dua jenis yaitu psikologi umum dan juga khusus. Untuk yang umum, merupakan keilmuan yang membahas terkait tingkah laku individu. Sedangkan khusus, berguna untuk kepentingan praktis dan lapangan. Dari sini terbagi menjadi cabang :

1. Psikologi Kepribadian

Cabang psikologi kepribadian merupakan ilmu yang membahas terkait pribadi seseorang atau manusia. Lebih jelasnya lagi, cabang satu ini mempelajari terkait tingkah laku dari manusia sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Hal yang bisa dipelajari, seperti chirologi, astrologi, phrenologi dan lain-lain.

Cabang psikologi kepribadian ini, kemudian berkembang menjadi lebih luas serta teori dari kepribadian ini akan berbeda dari setiap ahli. Dari beberapa ahli tersebut yang menyelidiki kepribadian, antara lain Ludwig Klages. teori Adler, teori psiko dan analisa dari Sigmund Freud.

2. Psikologi Pendidikan

Cabang selanjutnya, yaitu psikologi pendidikan. Sesuai dengan namanya, psikologi ini berfokus kepada tingkah laku dari manusia atau individu yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Pembelajarannya mengenai sistem dari pendidikan serta pengaruhnya kepada individu tersebut.

Tidak hanya itu saja, psikologi pendidikan juga akan membahas secara luas terkait sub kelompok anak yang berbakat maupun mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Psikologi ini akan mempelajari tentang proses serta faktor yang memiliki hubungan dengan pendidikan manusia.

3. Psikologi Tipologi

Cabang selanjutnya, ada psikologi tipologi. Bidang ini kabarnya memiliki kaitan erat dengan psikologi kepribadian. Psikologi ini akan berfokus menjelaskan beberapa macam dari kepribadian manusia yang berdasarkan pada tipologi maupun tipe tertentu lainnya. Tipologi ini digagas oleh Hipocrates.

Kemudian, kembali disempurnakan oleh Galenus. Nah, ilmu yang menjadi gagasan tersebut berdasarkan dari cairan badaniah manusia. Lalu tipologi selanjutnya kembali muncul seperti tipologi yang berdasarkan konstitusi, temperamen, serta berdasarkan dari nilai kebudayaan dari Edward Spranger.

4. Psikologi Industri dan Organisasi

Dalam psikologi industri ini, mempelajari terkait tingkah laku dari manusia di dalam bidang industri. Biasanya tergabung dengan psikologi organisasi, oleh karenanya kedua istilah tersebut tak terdefinisi secara terpisah. Melainkan telah menjadi satu di bagian psikologi industri beserta dengan organisasi.

Arti dari psikologi industri dan organisasi ini terdefinisi sebagai salah satu cabang psikologi, berfokus di dalam tingkah laku individu atau manusia dalam peraturan kerja. Prinsipnya bertujuan untuk mengubah perilaku bila memang perlu. Baik itu perilaku yang nampak maupun tidak terlihat jelas.

5. Psikologi Kriminal

Untuk psikologi kriminal ini memiliki fokus untuk dapat mempelajari berbagai masalah yang berkaitan erat dengan kejahatan. Biasanya psikologi ini terkenal dengan julukan psikologi forensik, yaitu bidang kajian psikologi yang memiliki tujuan untuk membantu proses peradilan hukum.

Psikologi kriminal atau forensik ini tak hanya berkaitan dengan kejahatan saja, melainkan juga memiliki tugas untuk mengumpulkan data serta mengolahnya sesuai dengan pengetahuan psikologi terkait kepentingan peradilan. Di Indonesia, psikologi ini dikenal sebagai pelayanan advertorial.

6. Psikologi Abnormal

Cabang selanjutnya, yaitu psikologi abnormal. Memiliki fokus kepada pemahaman terhadap suatu konsep dari abnormalitas psikologi. Tidak hanya itu saja, psikologi ini juga mempelajari terkait klasifikasi serta kategori gangguan mental maupun penyusunan diagnosa klinis.

Manusia akan orang anggap sebagai abnormal, jika memang menyimpang dari standar perkembangan. Pada umumnya, psikologi abnormal ini memiliki banyak profesi seperti halnya dalam bidang psikiater dan juga profesi lainnya.

Baca Juga

Seperti itulah penjelasan secara singkat namun bermanfaat dari cabang-cabang ilmu psikologi. Beserta dengan pembahasannya satu per satu dari setiap cabang. Semoga dengan adanya artikel di atas, bisa menambah ilmu pengetahuan Anda tentang cabang psikologi. Salam saya sebagai penulis tunggal dalam blog ini dahhh.