Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Potensi Skolastik: Pengertian dan Jenisnya

Tes Potensi Skolastik: Pengertian dan Jenisnya

TPS atau singkatan dari Tes Potensi Skolastik, ini merupakan sebuah tes yang memiliki tujuan untuk menguji kemampuan dasar para peserta / mahasiswa tertentu. Jadi, mereka akan melakukan tes secara logika, menganalisis, menemukan solusi dan lain-lain. 

Apa Itu Tes Potensi Skolastik?

Hasil dari tes potensi skolastik biasanya bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif setiap mahasiswa. Seringkali ujian seperti ini akan banyak terjadi ketika calon pelajar akan menghadapi suatu ujian tertentu, seperti saat mengikuti SBMPTN dari Universitas.

Bagaimanapun juga, TPS ini seringkali berhubungan dengan yang namanya UTBK yang bertujuan untuk para calon mahasiswa dengan menguji kemampuan kognitif mereka. Di samping itu, kemampuan ini terbagi menjadi penalaran umum, pengetahuan serta pemahaman secara umum, terkadang juga memahami bacaan hingga menulis.

Baca Juga : Perbedaan sekolah negeri dan sekolah swasta

Jenis ujian Tes Potensi Skolastik atau biasanya merupakan singkatan TPS ini juga berada pada seluruh belahan dunia. Seperti di negara Inggris, Swiss, Amerika Serikat, Australia dan Finlandia. Tes ini sendiri dapat mengukur dan menilai performa peserta ketika akan masuk ke Universitas yang mereka pilih.

Berbagai Jenis Sub dari Tes Potensi Skolastik UTBK

Tes Potensi Skolastik, sudah sangat identik dengan ujian UTBK. Tes ini akan mengukur seberapa besar kemampuan kognitif tiap calon mahasiswa. Hal ini meliputi kemampuan pemahaman maupun penalaran umum. Lalu, apa saja jenis-jenisnya?

1. Penalaran Umum

Masuk ke dalam jenis tes pertama yaitu penalaran umum. Seringkali soal yang muncul meliputi kesesuaian pernyataan. Hal ini mengharuskan pelajar untuk memahami segala isinya baik dari tabel, teks, grafik maupun diagram yang telah tersedia. Di sisi lain juga harus sesuai dengan konteks yang ada pada teks tersebut.

Adapun soal lain meliputi kesimpulan yang logis. Yaitu para pelajar harus mampu membuat sebuah rangkuman terhadap sesuatu yang mungkin akan terjadi sesuai dengan teks. Kemudian ada penalaran analitik yang mengharuskan untuk menganalisa serta menjawab soal berdasarkan data yang tersedia.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Selanjutnya ada soal yang berisikan tentang pengetahuan kuantitatif. Seringkali isi dari soal tersebut berkaitan dengan pilihan ganda dan soal logika dasar ataupun matematika dalam level dasar. Biasanya, para pelajar akan menjumpai pertanyaan dengan pilihan angka seperti (1), (2), (3) dan (4).

Pertanyaan dengan dua informasi juga akan hadir dalam soal pengetahuan kuantitatif ini. Para pelajar juga harus mampu menganalisis seperti kecukupan data. Mulai dari perbandingan 2 nilai, dimana pelajar akan menentukan hubungan yang terdiri dari kedua variabel tertentu atau mencari suatu nilai yang salah.

3. Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Terdapat empat jenis soal yang tersedia dalam Tes Potensi Skolastik, yaitu dua jenis soal dalam versi bahasa inggris dan satunya dalam bahasa indonesia. Di soal bahasa Inggris, para pelajar harus mampu memahami inti dari bacaan tersebut dan membuat kesimpulan sesuai dengan informasi.

Sedangkan dalam soal bahasa Indonesia, para pelajar akan menjumpai soal yang berkaitan dengan ide pokok, kelemahan dan kelebihan dari paragraf, kesimpulan, hubungan antar paragraf, penulisan kata, tanda baca, konjungsi, kata ganti, makna kata, serta akan ada soal tentang kalimat efektif juga.

4. Memahami Beberapa Bacaan dan Penulisan

Ada lagi jenis soal Tes Potensi Skolastik yang meliputi pemahaman dari isi bacaan. Kemudian para pelajar akan diuji untuk membaca serta mampu memahami sebuah teks secara utuh. Jadi, ada baiknya sedari dini belajar atau berlatih membaca di soal sebelumnya.

Kemudian ada soal yang terkait dengan penalaran kebahasaan. Soal tersebut akan menguji para pelajar untuk dapat memahami berbagai kaidah penulisan dalam bahasa indonesia secara baik dan benar. Berlatihlah soal-soal UTBK sebelumnya agar Anda terbiasa dengan soal seperti ini jika muncul nantinya.

Tips Mempelajari Tes Potensi Skolastik untuk UTBK

Dalam pengerjaan soal Tes Potensi Skolastik UTBK, pastinya memiliki beberapa kunci tersendiri. Sama halnya ketika hendak mengerjakan ujian pada umumnya. Hasil dari belajar secara sungguh-sungguh, pasti akan membuahkan hasil yang baik pula. Pastikan Anda menguasai materi UTBK ini.

1. Berlatih Secara Berkala

Menjadi peserta yang hendak mengikuti suatu ujian, sudah menjadi hal pasti dan harus selalu berlatih soal-soal secara berkala. Hal ini bertujuan agar saat tes berlangsung, Anda bisa mengerjakan dengan baik dan benar. Faktanya, berlatih merupakan suatu hal paling umum dilakukan.

Jika memungkinkan, melakukan latihan secara berkala dan terjadwal. Buat jadwal di note atau kertas khusus agar mudah untuk diingat. Tempelkan pada tempat yang mudah terlihat sehingga Anda tidak lupa terhadap jadwal yang sudah ditentukan. 

2. Latihan dengan Berpacu oleh Waktu

Cobalah berlatih soal dengan pacuan waktu, maksudnya perbanyak mengerjakan latihan soal menggunakan timer yang lebih tepat. Hal ini bertujuan agar bisa mengetahui seberapa kemampuan diri dalam menjawab soal pada waktu tertentu.

Kemudian koreksilah kesalahan dan lakukan analisa terhadap jawaban yang telah Anda kerjakan di setiap latihan soalnya. Ada baiknya juga bila menganalisa bersama dengan kerabat atau guru khusus. Alhasil soal yang telah terjawab dapat dibahas secara bersama-sama dan menemukan jawabannya.

3. Mencoba Mengerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Seringkali diingatkan oleh berbagai pihak, jangan pernah mengerjakan soal dimulai dari yang sulit. Cobalah untuk menghemat waktu dengan mengerjakan soal termudah terlebih dahulu. Hal ini tentu saja akan memberikan waktu yang lebih lama daripada harus fokus di satu soal saja.

Berlatihlah dengan mengerjakan soal Tes Potensi Skolastik UTBK, dimulai dari yang mudah terlebih dahulu. Jangan pernah berpaku terlalu lama di satu soal yang membuat Anda berpikir lama. Bahkan terkadang, juga memiliki cara penyelesaian yang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

4. Berlatih dengan Teman

Ada baiknya Anda berlatih mengerjakan soal-soal Tes Potensi Skolastik UTBK bersama dengan teman dekat. Hal ini bertujuan agar mampu mengukur kemampuan pada diri sendiri dan bisa berdiskusi terkait penyelesaian soal tes tersebut secara bersama-sama.

Dengan belajar bersama teman dekat, Anda akan lebih mudah lagi meningkatkan kemampuan secara berkala. Apalagi bila dilakukan lebih lanjut dengan waktu berbeda-beda. Alhasil, pengerjaan soal UTBK bukan hal mustahil lagi dikerjakan karena sudah berlatih.

5. Jangan Menerapkan Sistem Kebut Semalam

Jangan pernah menerapkan sistem kebut semalam saat belajar. Hal ini justru akan membuat Anda tidak dapat fokus berlatih soal Tes Potensi Skolastik UTBK nya. Usahakan belajar di pagi hari, karena di waktu tersebut otak lebih fresh dan mudah menangkap materi.

Baca Juga : Cara memilih perguruan tinggi terbaik yang cocok untuk kamu

Sistem kebut semalam adalah suatu metode di mana para pelajar berlatih soal atau belajar mempelajari materi tertentu selama semalaman suntuk. Hal ini sungguh tidak benar, karena bagaimanapun juga fisik butuh istirahat. Termasuk otak harus fresh, supaya mudah mengingat materi. 

Itulah pembahasan secara detail terkait penjelasan lengkap mengenai tes potensi skolastik beserta jenis soal-soalnya. Kamudian temukan bagaimana cara untuk mempelajari tes tersebut agar mudah paham. 

Posting Komentar untuk " Tes Potensi Skolastik: Pengertian dan Jenisnya"