Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat yang Bisa Memberi Gambaran Masa Depan

takaksehat.com_Ada banyak sekali alasan mengapa mahasiswa memilih jurusan kesehatan masyarakat, itu karena prospek kerjanya sangat menjanjikan. Tidak heran bila sebagian besar dari mereka lebih fokus pada kuliah di bidang kesehatan. Oleh karena itu, ketahuilah prospek kerja kesehatan masyarakat agar Anda semakin termotifasi untuk mengambil jurusan itu. Terlebih jika saat ini masih berstatus sebagai pelajar.

Berbagai Macam Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan memang cukup banyak digemari oleh mahasiswa. Tak heran bila sebagian besar dari mereka memilih untuk kuliah di bidang itu. Lalu, bagaimana sampai sekarang prospek jurusan tersebut? Berikut ulasannya:

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat yang Bisa Memberi Gambaran Masa Depan

1. Administrasi Layanan Kesehatan Masyarakat

Salah satu prospek kerja menjanjikan bagi Anda yang berkuliah S1 di jurusan kesehatan masyarakat ialah, menjadi seorang administrasi pelayanan kesehatan masyarakat. Namun, bila memang ingin lanjut ke S2 maka peluang peningkatan karirnya jauh lebih tinggi.

Tugas dari pekerjaan ini adalah untuk menjaga layanan yang telah ada dari pihak medis maupun petugas agar selalu efektif. Jadi, Anda hanya perlu memastikan pelayanannya efektif atau tidak. Salah satunya seperti menganalisa suatu penelitian dengan tujuan tertentu.

2. Sebagai Ahli Ilmu Gizi Kesehatan

Ahli Ilmu Gizi Kesehatan bisa Anda pilih untuk bekerja di rumah sakit atau bahkan perusahaan di bidang Food and Beverage. Tidak heran jika lapangan pekerjaan ini mampu memberikan tawaran prospek ilmu gizi kesehatan masyarakat. Namun untuk biaya pendidikan yang dijalani memang tidaklah sedikit.

Nantinya para pelamar akan bergabung bersama dengan tim Quality Control di perusahaan terkait. Yaitu untuk dapat memastikan suatu penyajian gizi dalam setiap produk supaya semuanya memenuhi standar. Bahkan pada industri hotel pun juga akan butuh seorang ahli gizi kesehatan masyarakat ini.

3. Keselamatan dan Juga Kesehatan Kerja

Prospek kerja selanjutnya ialah K3. Prospek ini banyak digemari oleh mahasiswa jurusan kesehatan manapun. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa prospek K3 di buka, bahkan sudah dimiliki oleh semua perusahaan yang di seluruh Indonesia. Namun pesaingnya juga cukup banyak setiap tahunnya.

Prospek kerja keselamatan dan kesehatan kerja ini termasuk sangat kompleks karena sifatnya teknis. Tugas dari pekerjaan ini ialah untuk bisa mendesain suatu sistem serta prosedur. Salah satunya yaitu agar para pekerja terhindar dari suatu penyakit atau kecelakaan kerja yang mungkin bisa saja terjadi.

4. Promosi Kesehatan

Prospek kerja selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah menjadi bagian dari promosi kesehatan di suatu badan kesehatan daerah. Prospek ini, memiliki pekerjaan dengan menuntut sisi pemasaran, sama seperti marketing pada umumnya.

Bila Anda mempunyai bakat, seperti memasarkan sesuatu / tipikal orang yang persuasif, maka cobalah berkarir menjadi bagian dari seorang kesehatan masyarakat ini. Apalagi pekerjaannya akan menghubungkan seseorang dengan masyarakat, perusahaan, maupun di instansi setiap daerah.

Baca Juga : Berikut ini informasi untuk kamu peluang usaha yang sedikit saingannya

5. Menjadi Biostatistician

Prospek kerja selanjutnya yang bisa menjadi pilihan ialah sebagai seorang biostatistician. Namun, untuk mencapai posisi tersebut, Anda harus lulus pada jenjang karir pendidikan S2. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa menjadi seseorang yang ahli dalam bidang biologi atau dapat menguasai teknik penelitian.

Berbicara mengenai prospek kerja, yaitu sebagai seorang statistician nantinya Anda akan berkaitan dengan bagaimana cara mengumpulkan data di lapangan. Lalu kemudian dianalisis untuk kegiatan selanjutnya dalam bidang kesehatan. Bahkan, tidak heran jika prospek ini terus meningkat.

6. Epidemiolog

Prospek kerja lain ialah menjadi seorang epidemiolog (epidemiologist). Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa epidemiolog adalah cabang yang berfokus di bidang kesehatan serta berhubungan erat dengan peristiwa, pengendalian, serta tersebarnya penyakit pada populasi tertentu.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang epidemiolog ini, ada baiknya lanjutkanlah jenjang karir pendidikan hingga ke tingkat S2. Sebab, suatu hari nanti profesi ini akan menuntut Anda untuk ahli dalam menghasilkan sebuah demografi yang memiliki nilai akurat dan tepat.

7. Pengajar / Dosen

Prospek kerja selanjutnya yang bisa Anda pilih ialah sebagai dosen atau pengajar. Tidak hanya harus berbekal pendidikan yang handal, akan tetapi menjadi seorang dosen harus mampu mengajar dengan baik. Jadi, pelajari dan kuasai teknik mengajar yang benar dan tepat.

Anda juga bisa berfokus kepada bidang lain seperti, bioterrorism, kesehatan yang mempelajari terkait mental seseorang, vaksin dan juga perilaku lainnya. Prospek kerja menjadi seorang dosen atau pengajar juga sangat menjanjikan, bahkan jenjang karirnya harus tinggi.

8. Sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) bila menginginkan masa depan cerah. Bahkan gaji yang terbilang cukup stabil karena biasanya gajinya sudah termasuk pokok atau tetap. Oleh karena itu ikutilah rekrutmen CPNS bila ingin mendapatkannya.

Berbicara mengenai gajinya, Anda tak perlu khawatir karena menjadi seorang PNS akan mendapatkan tunjangan dan juga gaji pokok. Jadi, seakan seluruh hidup sudah di tunjang sampai waktunya pensiun atau masa kerja telah habis.

9. Sebagai Pebisnis

Siapa bilang lulusan jurusan kesehatan masyarakat tidak bisa menjadi seorang pebisnis? Tentu saja hal tersebut merupakan pemikiran yang salah. Sebab, setiap jurusan baik dalam bidang ekonomi atau kesehatan sekalipun semuanya pasti bisa menjadi seorang pelaku bisnis yang sukses.

Bila suatu pengelolaan bisnis cukup baik dan juga telaten, bisnis tersebut akan sukses di kemudian hari. Sebagai lulusan dari jurusan kesehatan, Anda bisa membuka klinik untuk dapat membantu setiap orang yang sedang sakit dengan menawarkan biaya relatif murah.

10. Bekerja Sebagai Karyawan Rumah Sakit / Puskesmas

Prospek kerja selanjutnya ialah menjadi seorang yang bekerja dan mengabdi di sebuah Rumah Sakit atau bahkan Puskesmas terdekat. Anda pun dapat menempati posisi seperti menjadi administrasinya atau bisa di bagian pelayanan. Namun pastikan juga bahwa pekerjaannya sesuai dengan keahlian.

Baca Juga : Berikut ini manfaat mahkota dewa bagi Kesehatan kamu

Mengenai gajinya, setiap pekerja / karyawan tertentu akan mendapatkan paling tidak sekitar Rp 3.000.000,00 per bulan. Itu semua tergantung tingkatan atau UMR di setiap daerah tertentu. Jadi, bagi Anda lulusan kesehatan berbanggalah karena prospek kerja sangat menjanjikan.

11. Bekerja di Suatu Perusahaan Asuransi Kesehatan

Anda juga bisa memilih untuk bekerja di perusahaan asuransi kesehatan jika merupakan lulusan dari kesehatan masyarakat. Dapat juga menempati posisi sebagai marketingnya ataupun menjadi seorang account officer, bahkan sebagai seorang konsultan kesehatan pun juga bisa.

Gaji yang diberikan akan meningkat. Hal ini dikarenakan posisi yang dimiliki karyawan berbeda-beda, termasuk dengan penghasilannya. Kemudian bagi Anda yang telah mencapai target suatu pekerjaan, maka akan mendapatkan gaji tambahan sebagai imbalannya.

Itulah penjelasan terkait 11 prospek kerja kesehatan masyarakat yang bisa di coba. Beserta dengan perkiraan gaji dari pekerjaan tersebut. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, jangan jadikan beban ketika menemukan bidang yang terlihat sulit. Terimakasih kiranya artikel ini bermanfaat salam suka karja indonesia.