Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Proposal Sponsorship dan Macamnya

Di saat ingin mengajukan suatu sponsorship, maka Anda harus membuat proposal terlebih dahulu. Hal tersebut ditujukan agar mendapatkan dana dari pihak sponsor dan memperoleh dukungan secara penuh terhadap suatu kegiatan. Jadi, kenali terlebih dahulu berbagai macam contoh proposal sponsorship.

Tujuan Pembuatan Proposal Sponsorship

Seringkali suatu perayaan atau pembukaan dari usaha apapun, terkadang orang-orang ingin mengajukan suatu sponsorship. Hal tersebut bertujuan agar pertunjukan atau acaranya berlangsung dengan meriah dan mendapatkan dana dari pihak sponsor yang berkaitan langsung.

Tidak hanya itu saja, dengan mengajukan sponsorhip maka juga akan memperoleh suatu dukungan khusus terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Pada umumnya, proposal tersebut dibuat untuk dijadikan landasan pelaksanaan sebuah acara agar berlangsung tanpa ada kekurang pendanaan.

Tujuan lain dari pembuatan proposal sponsorship adalah untuk dapat menginformasikan berbagai hal  penting yang berkaitan dengan pihak. Salah satunya untuk memperoleh informasi kegiatan yang hendak dilaksanakan, bahkan juga bisa memudahkan penyelenggara acara agar mendapat dukungan informasi.

Contoh Proposal Sponsorship dan Macamnya

Langkah Penyusunan Proposal Sponsorship

Dalam pembuatan proposal sponsorship, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah cara menyusun proposal tersebut agar terlihat rapi. Dengan begitu, pertimbangan dari pihak sponsorer untuk dapat menyetujui isi dari proposal akan lebih besar.  Baca juga : Contoh surat untuk mengundurkan diri dari perusahaan

1. Halaman Judul dan Latar Belakang

Salah satu bentuk penyusunan suatu proposal sponsorship adalah memerhatikan halaman judul serta latar belakangnya. Pada halaman judul, isikan nama, judul dan lokasi dari acara yang akan dilaksanakan, waktu penyelenggaranya juga jangan lupa. Cantumkan penyelenggara kegiatannya.

Sedangkan di bagian latar belakang, isikan dengan alasan direncanakannya suatu acara atau kegiatan yang hendak Anda laksanakan. Ada tiga bagian paling penting yang harus Kita perhatikan dalam poin ini yaitu pendahuluan, isi, serta penutupnya.

2. Tujuan dari Kegiatan dan Nama Serta Tema Kegiatan 

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan alasan serta tujuan mengapa melaksanakan kegiatan atau acara tersebut. Dalam poin tujuan ini dapat terdiri dari beberapa macam tujuan yang bisa Kita susun secara runtut. Mulai dari tujuan yang paling penting sampai yang ringan-ringan saja.

Kemudian jangan lupa juga untuk menyertakan nama dan tema dari suatu kegiatan atau acara yang hendak dilaksanakan. Tuliskan secara runtut dimulai dari tujuan sebelumnya, lalu dilanjut dengan nama acara serta tema yang diambil dan diterapkan pada kegiatan tersebut.

Baca Juga : CV Dan Contoh-contohnya

Contoh Proposal Sponsorship pada Lomba 

Setelah mengetahui berbagai macam cara untuk menyusun proposal dengan baik dan benar. Anda bisa langsung melihat format proposalnya secara langsung. Tujuannya agar lebih mudah saat membuatnya dan mencontohnya. Jadi, cukup tiru dan ganti dengan isi yang sedikit lebih berbeda.

Salah satu contoh proposal yang bisa Anda ajukan ialah proposal pengadaan lomba. Biasanya pihak penyelenggara menginginkan lomba tersebut berlangsung secara meriah dan disponsori oleh beberapa produk atau jasa tertentu. Jadi, buatlah proposal pengajuan dengan baik dan benar.

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Tema : “Kemerdekaan Di Zaman Millenial yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Salah satunya terkait pentingnya peran negara terhadap suatu bangsa agar tetap selalu hidup rukun, tertib dan tidak saling menyakiti sesama”.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dari acara lomba ini adalah, untuk memperingati hari kemerdekaan dan sebagai hiburan bagi masyarakat luas untuk merayakan merdekanya negara Indonesia yang ke 75.

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan di adakannya kegiatan lomba ini adalah sebagai berikut :

  • Mempererat tali silaturahmi
  • Meningkatkan semangat jiwa raga dalam merayakan kemerdekaan
  • Menumbuhkan jiwa sportifitas dan kreativitas
  • Menumbuhkan semangat kebangsaan di setiap generasi maju untuk dapat memperkuat ketahanan bangsa Indonesia

DASAR KEGIATAN

Kegiatan ini di lakukan atas dasar :

Arahan dari ketua RT dan RW tentang pelaksanaan kegiatan lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 75 di provinsi Jawa Timur.

ISI PROPOSAL

TEMA KEGIATAN

Kegiatan dengan mengedepankan tentang arti sebuah kebersamaan, kerja sama dan kreativitas antar warga setempat. Yaitu oleh setiap generasi dan dapat menumbuhkan sifat sportifitas, nasionalisme, dan patriotisme. Serta mengembangkan ketrampilan pada anak usia dini.

MACAM KEGIATAN

  • Sharing
  • Quiz
  • Lomba
  • Makan bersama

PESERTA

Peserta yang mengikuti kegiatan lomba ini adalah seluruh masyarakat di Surabaya yang ingin ikut berpartisipasi untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang ke 75.

  1. Contoh Proposal Pameran

Proposal pameran ini biasanya terselenggara bagi pihak penyelenggara yang ingin memamerkan suatu karya seperti halnya lukisan, karya seni dalam bentuk benda dan masih banyak lagi. Namun, dalam pelaksanaannya membutuhkan pengajuan proposal terlebih dahulu sebagai izin pinjam lokasi.

  1. JUDUL KEGIATAN

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggapan atau respon dari seorang seniman terkait seni patung yang kemudian di wujudkan dalam bentuk pameran bertajuk “Senimanis”.

            B. LATAR BELAKANG

Di tengah wacana yang gencar di bicarakan oleh berbagai belah pihak khususnya bagi para masyarakat pecinta seni. Karya yang konseptual adalah suatu hal yang mempunyai peranan penting. Hal ini di buktikan dengan banyaknya macam karya yang mulai bermunculan dalam berbagai macam persepsi.

Diantara berbagai macam seni rupa tersebut, patung merupakan salah satu media yang bisa di anggap sebagai bentuk pengekspresian diri.

Berawal dari pembahasan terkait bagaimana perkembangan suatu seni rupa di zaman sekarang ini, akhirnya muncullah satu ide menarik untuk menyelenggarakan sebuah pameran bertajuk “Senimanis”.

Senimanis patung ini adalah suatu momen yang nantinya akan terlibat dalam suatu komunitas atau institusi yang mempunyai sebuah program menarik di jurusan seni, termasuk seni rupa. Serta tak menutup kemungkinan juga masyarakat akan ikut terlibat di dalamnya.

  1. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
  • Mengajak para publik membaca dan mempresentasikan suatu konsepsi karya seni patung
  • Sebagai media apresiasi yang mampu memuat berbagai macam bentuk informasi bermanfaat untuk masyarakat umum
  • Meningkatkan motivasi serta semangat dalam berkarya untuk para seni rupawan maupun masyarakan non seni rupawan
  • Menjalin silaturahmi dengan membuka jaringan antar institusi dan antar komunitas seni ataupun masyarakat
  • Mencari berbagai pengalaman baru di dunia seni rupa atau dunia luar serta sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat secara luas

                 D. MANFAAT KEGIATAN

  • Media evaluasi serta intropeksi diri untuk para peserta terkait sejauh mana perkembangan dari proses pembelajarannya di dalam dunia seni untuk dapat melandasi langkah berikutnya
  • Membuka kesadaran terhadap masyarakat pada umumnya terhadap dunia seni rupa yang semakin terus berkembang
  • Meningkatkan kerjasama antar institusi seni maupun dengan masyarakat pada umumnya

           E. AKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Hari : Rabu s/d Minggu

Tanggal : 26 s/d 31 Desember 2018

Tempat : Art Center UNIS (Indoor)

Wilayah Universitas Kemerdekaan (Outdoor)

F          F. JENIS KEGIATAN

Terlampir

            G. PESERTA

Terlampir

            H. SASARAN

Terlampir

I.          I. USUNAN PANITIA

Terlampir

J       J. STIMASI DANA

Terlampir

         K. ADWAL KEGIATAN

Terlampir

L       L. Penutup

Untuk dapat mencapai suatu keberhasilan suatu kegiatan atau acara memerlukan sebuah dukungan penuh, kerja sama dari berbagai belah pihak dan ikut terkait di dalamnya.

Dengan terselenggaranya pameran bertajuk “Senimanis” ini di harapkan mampu memberikan inspirasi serta menjadi langkah selanjutnya untuk bisa meningkatkan kreatifitas, terkhusus masyarakat pada umumnya. Semoga kegiatan pameran seperti ini mendapatkan ridho dari ALLAH SWT.

Demikian penutup di buat, atas kerjasama, perhatian serta berbagai bantuan kami ucapkan banyak terima kasih.



Itulah penjelasan secara detail terkait pembahasan berbagai macam contoh proposal sponsorship beserta dengan cara penyusunannya dengan baik dan benar. Pembuatan proposal harus terbuat dengan tujuan yang pasti, agar pihak sponsorer bisa mempertimbangkan secara baik.

Posting Komentar untuk " Contoh Proposal Sponsorship dan Macamnya"