Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh CV Mahasiswa yang Simpel dan Menarik

takaksehat.com_Seringkali CV digunakan mahasiswa untuk beberapa hal, tidak terkecuali dalam urusan melamar pekerjaan, masuk ke organisasi atau bisa juga sekedar tugas kuliah. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari apa saja yang tercantum di dalam berkas tersebut dengan beberapa contoh CV mahasiswa.

Contoh CV Mahasiswa yang Simpel dan Menarik

Macam-macam Contoh CV Mahasiswa

CV memang sangat berguna dalam kegiatan kemahasiswaan seperti halnya mengikuti organisasi tertentu di kampus. Namun, tidak semua mahasiswa mengetahui cara membuatnya. Oleh karena itu, pelajari dan perhatikan beberapa contoh dari CV berikut ini:

1. Contoh CV Mahasiswa dengan Sederhana

Contoh CV mahasiswa yang pertama ialah berbentuk sederhana tanpa adanya desain. Bila perlu, Anda tidak harus mengisinya dan membuatnya seperti CV kelas atas seperti pada umumnya. Buatlah dengan tampilan simpel saja, namun kata-katanya jelas dan padat sehingga pembaca mudah paham.


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap              : Devi Ayu Prasticasari

Tempat & tanggal lahir  : Bangkalan, 05 Desember 1997

Alamat                           : Perumahan Graha Mentari

Jenis Kelamin                : Perempuan

Status Perkawinan        : Belum Menikah

Agama                           : Islam

No. Telp                        : 967286726

Email                             : deviprastica12@gmail.com

Pendidikan Formal :

  1. 1997-2002 : SD Sidokare
  2. 2005-2009 : SMPN 5 Blitar
  3. 2009-2013 : SMA 4 Blitar

Pendidikan Informal :

2015                  : Kursus Seni

2018                  : Kursus Menulis

Pengalaman Kerja :

2019-2020         : Bekerja sebagai content writer

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan cukup singkat. Adapun tujuan dari penulis daftar riwayat ini adalah sebagai data tambahan. Kemudian dapat dijadikan bahan pertimbangan lamaran kerja yang telah saya ajukan. Atas perhatian dan juga kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Blitar, 02 Juni 2018

 

Devi Ayu Prasticasari


 2. Contoh CV Dalam Bahasa Inggris

Ada juga bentuk CV yang menggunakan bahasa inggris. Biasanya daftar riwayat hidup ini dibutuhkan bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dengan potensi harus mampu menguasainya. Yaitu sebagai keseharian atau salah satu persyaratan untuk dapat masuk ke tempat kerja tersebut.

Curriculum Vitae

Devi Ayu Prasticasari

Devi/deviprastica12@gmail.com

23 years old/East Java/165 cm/ 55 Kg

Place and date of birth : Bangkalan, 05 December 1997

Nationality : Indonesia

Call phone : 087815276

Education :

University of Indonesia

SMA 04 Blitar

Languages :

Listening : 250

Reading : 196

Relevant certificate : 450

Skills : Ability of operating computer and internet

Hobby : reading, writers, listening

Addres : Perumahan Graha Mentari Bangkalan

Status : Married


3. CV bagi Fresh Graduate

Bagi Anda yang masih baru lulus dari Universitas, pasti ingin langsung mendapatkan pekerjaan bukan? Oleh karena itu, sebagai pelajar baru harus mampu menguasai teknik pembuatan CV. Kuasai dengan baik dan benar agar kesempatan masuk di pekerjaan tersebut semakin besar.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                        : Devi Ayu Prasticasari

Jenis Kelamin                           : Perempuan

Tempat dan Tanggal Lahir       : Bangkalan, 05 Desember 1997

Status                                       : Belum Menikah

Alamat                                      : Perumahan Graha Mentari

Kewarganegaraan                    : Indonesia

Agama                                      : Islam

Nomor Handphone                   : 988716862876

Email                                        : deviprastica12@gmail.com

Pendidikan :

SD SIDOKARE SIDOARJO 2000-2002

SMP 5 BLITAR 2009-2010

SMAN 4 BLITAR 2012-2013

Universitas Islam Balitar (SOSPOL) 2016-2021

Pengalaman Organisasi :

Anggota dari organisasi kemahasiswaan HIMABI (Himpunan Mahasiswa Bisnis) dan Imabi (Ikatan Mahasiswa Bisnis) di seluruh Indonesia 2016-2021.

Minat dan keahlian :

Mampu berbicara dengan baik

Menguasai penggunaan sistem aplikasi

Suka menulis dan menggambar

Hormat saya,

 

Devi Ayu Prasticasari

 
Bagaimana Format Penulisan Dalam CV

Seringkali setiap mahasiswa masih belum mampu menguasai cara membuat CV dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pelajarilah sistem atau format yang biasanya untuk membuat daftar riwayat hidup. Hal ini dilakukan agar isi dari CV tersebut berbobot dan bagus.

    1. Perhatikan Ukuran dan Jenis Font

Langkah pertama sebelum membuat CV ialah memperhatikan ukuran serta jenis font. Itu karena kebanyakan perusahaan lebih menyukai Anda yang membuat daftar riwayat hidup secara online. Dengan kata lain, lebih tepatnya memilih mengetik di bandingkan menulis dengan tangan.
Buatlah CV Anda terlihat rapi dan segar, pilihlah font dan ukurannya yang sesuai. Tidak terlalu kecil maupun besar sehingga tampilannya lebih menarik. Dengan begitu, pihak atasan bisa menilai seberapa sopan dan rapinya Anda.

    2. Urutan yang Tepat Menulis Daftar Riwayat Pekerjaan

Ketika hendak mengetik pengalaman kerja selama ini, Anda harus memperhatikan bagaimana penulis tersebut dapat runtut. Maka, bisa memilih untuk mengurutkan dari pengalaman kerja saat pertama kali bekerja hingga paling akhir sendiri.

Setelah itu, tulislah informasi dari riwayat pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya. Seperti halnya posisi, desk jobnya, nama dari perusahaan / kantor, dan juga lokasinya. Jangan lupa tahun dan tanggal harus ada pada daftar riwayat pekerjaan tersebut agar terlihat lengkap.

    3. Urutan Pendidikan yang Runtut

Saat menuliskan daftar riwayat hidup, maka pastikan daftar pendidikan yang telah di jalani di sebutkan satu per satu secara runtut. Hal ini di mulai dari Anda TK, SD, SMP, SMA atau bahkan mengenyam bangku kuliah selama beberapa tahun.

Bila Anda memiliki prestasi di kampus, maka sertakan juga tulislah urutan dari prestasi tersebut. Jikalau memang berkaitan langsung dengan gelar yang diterima. Pastikan semuanya runtut atau urut di ketik. Sehingga pihak HRD bisa menilai bahwa Anda orang yang rapi dan teliti.

    4. Foto Identitas yang Sesuai

Untuk membuat sebuah CV dari segala jurusan, Anda juga perlu hati-hati dalam membuatnya. Sudah pastikan bahwa setiap CV harus ada foto identitas diri yang ada pada bagian pojok kiri atas. Lebih lanjut pastikan foto Anda harus formal dan terlihat seperti seorang mahasiswa yang sopan.


Kemudian sertakan juga informasi kontak yang dapat dihubungi. Supaya nanti ketika saat panggilan kerja maka Anda akan segera mendapat informasi. Alamat, profil diri, bagian pendidikan selama hidup, keahlian dan juga pengalaman jangan lupa untuk di sertakan juga agar CV terlihat bagus.

    5. Waktu Pengiriman Email

Selanjutnya, pembuatan CV dan pengirimannya melalui email. Seringkali setiap perusahaan atau tempat kerja di manapun akan membutuhkan berkas secara online juga. Bila sudah terbiasa dengan kirim surat secara online, tentu saja akan memudahkan Anda dalam membuat daftar riwayat hidup.
Persyaratan yang harus ada berikutnya ialah harus memiliki email agar mudah mengirim ke pihak pekerjaan nantinya, sertakan juga nomor telepon yang bisa di hubungi. Tidak lupa juga, identitas diri secara lengkap. Dengan kirim email, daftar riwayat hidup menjadi lebih mudah.


    6. CV yang Ditulis Tangan

Terkadang CV yang ditulis tangan juga masih perlu, itulah mengapa Anda harus banyak belajar juga cara membuat daftar riwayat hidup dengan baik dan benar. Siapkan kertas yang bersih, pastikan kertasnya tidak terlipat atau bahkan robek di bagian sisinya.

Lalu tulislah daftar riwayat hidup Anda dengan tangan, usahakan untuk tidak membuat suatu coretan di beberapa sisi. Hal ini akan membuat CV terlihat tidak rapi, jadi usahakan membuatnya dengan benar. Kemudian isi daftar riwayat hidup secara runtut, mulai nama, tempat dan tanggal lahir, dan alamat.
Itulah penjelasan singkat terkait pembahasan mengenai berbagai macam contoh CV mahasiswa dan ulasan lainnya. Mungkin akan diperlukan ketika Anda sudah lulus dari Universitas.