Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pecinta Wisata Kuliner Indonesia, Yuk Merapat!

Pecinta Wisata Kuliner Indonesia, Yuk Merapat! Bagi banyak orang jalan-jalan tentu engga lengkap tanpa icip-icip. Baik yang berupa makanan atau minuman ringan. Hingga yang bersifat mengenyangkan. 

Indonesia sendiri tak hanya memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Namun juga beragam resep masakan yang menggugah selera. Mulai dari yang berkuah, kering, hingga aneka jajanan khas kue. Yang rasanya menggigit.

Mengunjungi Wisata Kuliner Indonesia? Tak Afdol Jika Tak Kesini

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Dari Sabang hingga Merauke, ada ribuan nama kota yang bisa dijadikan referensi. Berikut beberapa ulasan kota yang memiliki kuliner paling sip dan terkenal.

 Pecinta Wisata Kuliner Indonesia, Yuk Merapat!

1. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera ini sebetulnya sangatlah luas. Ada banyak sekali kota hingga tujuan wisata disana, salah satunya ialah Padang. Kota ini tak hanya populer dengan wisatanya yang indah. Namun juga makanan khas bernama Rendang yang begitu melegenda.

Bahkan, masakan ini telah didapuk sebagai makanan paling enak di dunia, lho! Anda pernah mencicipi masakan fenomenal ini? Paduan rempah lengkap dengan santan dan daging yang menggoda lidah. Dijamin Anda tak ingin beranjak saat menikmatinya.

2. Yogyakarta

Jika Anda memiliki list kunjungan wisata, Yogya bisa jadi pilihan, ya. Tak hanya dijuluki sebagai kota pelajar. Kota ini populer dengan suguhan kuliner yang mantul abis! Andapun bakalan dimanjakan dengan sajian yang menggoda lidah.

Gudeg, salah satu makanan khas yang wajib banget Anda jajal. Masakan ini berisi nangka muda yang direbus lengkap dengan bumbu rempah pilihan. Ada pula yang menambahkan telur, yang rasanya yummy banget.

Ada pula tambahan ayam goreng hingga sambel krecek (kerupuk kulit sapi). Yang paduan rasanya bakalan nikmat dimulut. Apalagi jika disantap dengan nasi hangat bersama orang tercinta. 

Adalagi nih, jajanan yang bisa Anda bawa dari kota pelajar ini. Makanan bernama bakpia dengan aneka isian didalamnya. Sangat pas dikudap saat nyantai sore bersama keluarga. Ada yang isiannya kacang hijau, cokelat, keju hingga lainnya. Mantap banget sebagai teman minum teh atau kopi.

3. DKI Jakarta

Wisata kuliner Indonesia ketiga ini tentu sudah tak asing lagi. Ya, di tengah hiruk-pikuknya ibukota, lokasi ini menawarkan beragam jajanan yang bisa Anda cicipi. Yang paling populer dari kota ini ialah kerak telor. Komposisi masakan ini sederhana, yakni berupa beras ketan, telur ayam atau bebek, abon hingga bumbu pemantap lainnya.

Rasanya cenderung gurih-asin yang saat digigit kerasa banget aromanya. Jajanan ini bisa ditemui dimanapun, kadang pula dijajakan di pinggiran kota. Harganya juga sangat enteng di kantong. Anda mau mencoba jajanan gurih nan khas dari kota metropolitan ini?

4. Jawa Barat

Provinsi ini juga terkenal dengan surganya pecinta kulineran. Banyak kota seperti Bandung juga kota lain yang memiliki destinasi wisata unik. Tak hanya itu, sejumlah masakan dari kota-kota ini berasal begitu menyegarkan. 

Yang khas dari kota ini ialah lalapan yang pasti engga ketinggalan. Mau apapun masakannya pastilah akan ada sayuran didalamnya. Namun, salah satu oleh-oleh paling terkenal ialah peuyeum. Kalau didaerah Jawa tengah jajanan ini biasa disebut tape. Baca Juga : Tempat wisata di ciamis yang wajib kamu kunjungi mantap

Tapi, peuyeum memiliki tekstur yang kering dan legit. Rasanya cenderung manis, meski ada sedikit masam namun terasa sangat lezat. Oleh-oleh ini cocok banget dibawa pulang ketika berkunjung dari sana.

Bagaimana, tujuan wisata kuliner indonesia ini begitu menggoda kan? Sudah tentukan pilihan, atau mau jajalin semuanya, nih!