Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan Tubuh

Takaksehat.com_Buah mahkota dewa atau yang orang sebut sebagai buah simalakama. Buah ini adalah buah yang berasal dari Indonesia sendiri. Sejatinya, buah ini bisa disebut dengan buah pengobatan. Karena hamper semua bagian dari buah tersebut dapat dijadikan sebagi obat tertentu.

Buah simalakama berbentuk bulat dengan kulit bagian luar berwarna merah ketika sudah matang, namun berwarna hijau ketika belum matang. Masih belum banyak orang yang tahu tentang buah ini, apalagi dengan khasiatnya.

Tentunya sangat banyak manfaat yang bisa kita dapat jika mengonsumsi buah simalakama ini. Dulunya buah simalakama hanya dijadikan sebagai tanaman hias semata, namun setelah orang-orang mengetahui banyak khasiat dari buah ini, mereka baru percaya.

Buah simalakama mengandung banyak zat yang baik diantaranya, antioksidan, polifenol, flavonoid, serta alkaloid.

Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat buah simalakama untuk kesehatan dan pengobatan. Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Anting-anting Bagi Kesehatan Kamu

1. Meningkatkan sistem imun pada tubuh

Di masa pandemic seperti ini sangat baik atau bahkan dianjurkan untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh masing-masing. Salah satunya dengan mengonsumsi buah simalakama ini. Zat saponin yang ada dalam buah ini dapat berguna untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia.

2. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak baik untuk tubuh manusia. Maka dari itu, seseorang harus menurunkan kadar gulanya ketika terlalu tinggi. Lagi-lagi buah simalakama ini akan dapat membantu masalah tersebut. Karena seperti yang sudah dijelaskan tadi, buah simalakama memiliki kandungan saponin yang baik untuk menurunkan gula darah.

3. Mengatasi flu dan batuk

Seperti yang kita tahu, simalakama memiliki kandungan baik bagi tubuh, contohnya antivirus. Sedangkan flu dan batuk merupakan gejala yang disebabkan oleh virus. Nah, jika kamu sedang mengalami flu dan batuk, cobalah mengonsumsi buah ini agar sakitmu mereda. 

Baca Juga : Buah-buahan Berikut Ini Memiliki Berbagai Manfaatnya

4. Sebagai detoksifikasi

Kegiatan mendetoks tubuh adalah salah satu cara untuk mengeluarkan racun yang ada pada tubuh itu sendiri. Buah simalakama juga dapat mendetoks racun yang ada pada tubuh. Sekian dulu oke sobat artikel kali ini semoga bermanfaat.