Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Jenis Bahan Untuk Membuat Pakaian

takaksehat.com__Kenali Jenis Bahan Untuk Membuat  Pakaian seperti baju yang kini Anda miliki beberapa diantaranya. Pakaian atau baju yang kini beragam model serta ukuran tersedia dengan bahan atau kain yang berbeda-beda. Begitu banyak kain atau bahan yang tersedia dan mungkin tak Anda ketahui semuanya.

Baju merupakan salah satu jenis pakaian yang dari tahun ke tahun terus berkembang modelnya.  Banyak perancang busana mulai dari tanah air hingga mancanegara yang menggunakan kain yang berbeda-beda. Bahkan terus muncul jenis b aru dari kain atau bahan untuk membuat baju tersebut.

Dari begitu banyak jenis yang ada, beberapa diantaranya pasti akrab ditelinga Anda, bahkan mungkin terbiasa menggunakannya. Terkadang masih banyak orang yang menyamakan beberapa jenis kain karena kemiripan yang ada diantaranya. Padahal setiap jenis tersebut memiliki ciri serta karakteristiknya masing-masing.

Bagi Anda yang berkecimpung didunia fashion, baik itu pembuat pakaian atau pun penjual sedikit banyak pasti mengenal jenis-jenisnya. Namun, akan berbeda bagi orang yang hanya sekedar pemakai saja. Terkadang hanyalah model dari pakaian atau baju yang diperhatikannya, bukan jenis bahan yang digunakan.

Sehingga saat digunakan pada cuaca atau daerah dengan iklim tertentu akan terasa tidak nyaman. Karena bahan tertentu belum tentu cocok saat digunakan pada suatu iklim atau cuaca. Dan memakai baju harus membuat Anda nyaman dalam melakukan aktivitas bukan hanya mengedepankan mode.

Agar Anda tak salah dalam memilih bahan untuk membuat sebuah baju atau pakaian, berikut ini beberapa jenisnya, yaitu :

Kenali Jenis Bahan Untuk Membuat  Pakaian

Katun

Sangat umum dan banyak digunakan karena nyaman, dan mudah menyerap keringat. Kain katun ini memiliki banyak ragamnya seperti katun jepang, katun paris dan masih banyak lagi. Merupakan kain yang dibuat dari serat kapas dan mudah ditemukan diberbagai toko kain.

Ada pula yang terbuat dari kepompong sutera yaitu katun silk sutra dengan ciri kain yang licin. Sedangkan katun paris memiliki ciri kain yang cukup tipis serta menerawang. Akan tetapi kesemua ragam kain katun tetap nyaman dijadikan untuk pakaian atau baju.

Jersey

Anda yang sering membeli pakaian melalui toko online atau marketplace pasti tak asing dengan jenis bahan yang satu ini.  Bahan atau kain yang satu ini paling banayk digunakan untuk berbagai model baju, kaos juga gamis atau pakaian muslim lainnya. Merupakan kain atau bahan yang terdiri dari serat katun yang etrmasuk jenis tekstil rajutan dan ada pula yang dikombinasikan dengan serat sintetis.

Maxmara

Kain yang satu ini menjadi yang banyak digunakan juga untuk berbagai jenis baju atau pakaian muslim. Memiliki ciri mengkilap, motif yang cantik dan beragam, tekstur lembut serta nyaman saat dipakai. Kain yang satu ini pada awalnya hanya digunakan untuk hijab atau muslim saja, kini terus berkembang. Karena terdapat beberapa macam seperti polos, midi, lux serta galaxy sehingga digunakan unutk membuat gaun juga dres.

Brokat

Kain jenis ini paling sering digunakan untuk membuat sebuah baju atau pakaian dengan tujuan khusus. Baju pesta, kebaya, dres serta model lainnya umum menggunakan jenis kain ini. Merupakan kain yang jenisnya disulam sehingga terlihat berbeda dibandingkan yang lainnya.

Brokat terkenal dan dipilih untuk membuat kebaya serta baju lainnya karena memiliki motif yang cantik. Apalagi jika Anda padukan dengan menambahkan aksesories atau manik-manik, hasilnya akan luar biasa. Kesan mewah, anggun dan elegan akan didapat saat Anda mengenakan pakaian dengan bahan ini.

Baca Juga : Inilah Jenis-jenis kain untuk celana yang nyaman

Itulah beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat sebuah model bajua atau pakaian. Baik yang nantinya akan digunakan untuk acara tertentu atau hanya pakaian sehari-hari saja. 

Posting Komentar untuk " Kenali Jenis Bahan Untuk Membuat Pakaian"