Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Dia 5 Perbedaan Sekolah Swasta Dengan Negeri

Ini Dia 5 Perbedaan Sekolah Swasta Dengan Negeri. Sekolah negeri dan juga sekolah di swasta itu berbeda, masing-masing pasti maju dengan berbagai kelebihan dan juga kekurangannya. Untuk sekarang ini Anda pasti tak asing lagi dengan sebutan sistem zonasi sekolah. 

Dengan adanya sistem zonasi tersebut, maka mau tak mau Anda harus bisa menggeser cara pandang tersebut seputar kelanjutan sekolah. Bahkan, untuk keberadaan sekolah swasta biasa ini yang sering kali akan dipandang sebelah mata oleh banyak orang sehingga menjadi sebuah alternatif jitu untuk bisa melanjutkan sekolah.

Seperti halnya sekolah negeri yang sekarang ini telah ada maka sekolah swasta pun tak akan sama. Pada masing-masing sekolah tersebut, untuk selama ini akan muncul berbagai macam sekolah unggulan. Namun untuk secara umum, maka keduanya sangat berbeda dalam beberapa hal berikut ini.

5 Perbedaan Sekolah Swasta Dengan Negeri

1. Permasalahan Biaya

Biasanya sekolah negeri itu membutuhkan biaya sekolah yang lebih sangat terjangkau. Bahkan untuk saat ini telah Anda ketahui kalau sekolah negeri merupakan sekolah bebas SPP. Sekolah negeri itu akan memperoleh bantuan dana langsung dari pemerintah, jadi untuk para pelajar bisa dengan nyaman menuntut ilmu tanpa perlu lagi untuk mencemaskan biaya SPP sekolah.

Semakin  berkualitas sebuah sekolah swasta, maka biasanya biaya untuk keperluan sekolahnya juga akan terlihat semakin tinggi. Bahkan biasanya akan ada uang pangkal ataupun uang bangunan ketika diawal masuk dan berbagai biaya lainnya.

2. Berbagai fasilitas

Untuk biaya sekolah yang terkait erat dengan berbagai fasilitas. Hal tersebut dikarenakan, setiap dari fasilitas yang didapatkan di sekolah itu akan sangat tergantung dengan adanya bantuan dana langsung untuk pendidikan dari pihak pemerintah.

Sedangkan untuk sekolah swasta adanya berbagai fasilitas tersebut akan sangat tergantung dengan besarnya dari biaya. Hal tersebut yang akan dibebankan pada setiap orang tua siswa sekolah. 

3. Penerapan sebuah kurikulum

Kurikulum yang ada di sekolah negeri itu harus mengikuti standar kurikulum yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah. Seluruh aktivitas dari belajar mengajar yang terdapat di sekolah negeri ini sangat tergantung dengan berbagai kurikulum nasional yang mana keberadaannya telah dijadikan acuan.

Sementara itu, untuk halnya di sekolah swasta mempunyai banyak keleluasaan dalam hal menetapkan kurikulum yang akan mereka gunakan. Sekolah di swasta tersebut biasanya juga akan menerapkan kurikulum Cambridge.

4. Guru dan siswa

Sistem pengajaran seorang guru yang ada di tiap sekolah negeri itu biasanya akan cenderung mempunyai banyak kesamaan. Hal ini dikarenaan memang telah diseragamkan oleh pihak Pemerintah yaitu Dinas Pendidikan. Di setiap kelas maka biasanya jumlah siswa bisa mencapai 30 sampai 40 orang. Adanya perbandingan dari jumlah guru dan siswa itulah menyebabkan adanya dampak pada kegiatan belajar mengajar yang lebih cenderung satu arah.

Sekolah swasta itu cenderung mempunyai jumlah siswa yang sedikit untuk di setiap kelasnya. Maka dari hal tersebut, guru yang biasanya mengajar juga bisa lebih dari 1 orang untuk setiap kelasnya. Oleh sebab itulah interaksi untuk guru dan siswa pun akan cenderung lebih di rasa dinamis.

5. Pergaulan di sekolah

Para siswa yang bersekolah di sekolah negeri biasanya berasal dari kelas social bahkan ras dan agama yang berbeda-beda. Secara seluruhnya merea akan berbaur di sekolahtersebut, baik itu untuk sebuah kegiatan akademis maupun untuk kegiatan ekstrakurikuler.

Sebaliknya, untuk siswa sekolah di swasta itu cenderung sangat homogen. Contohnya, ada sekolah di swasta yang akan memakai agama tertentu sebagai sebuah acuan dasar pendidikannya. Maka para siswa yang akan masuk kesekolah itupun akan cenderung pasti akan menganut agama yang sama.

Inilah beberapa perbedaan sekolah negeri dan sekolah swasta yang bisa Anda ketahui. Untuk hal ini ada rekomendasi sekolah swasta terbaik hadir untuk Anda semua yaitu GKS School. Sebuah sekolah yang akan memberikan hal terbaik untuk buah hati Anda tercinta. Dari segi kualitas maka sekolah ini sudah tidak aka diragukan lagi. 

Posting Komentar untuk " Ini Dia 5 Perbedaan Sekolah Swasta Dengan Negeri"