Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Bahaya Garam Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai di setiap masakan yang kita santap setiap hari. Tanpa adanya garam, tentu saja makanan tersebut rasanya akan menjadi tidak sedap atau hambar.

Tahukah kamu berapa banyak jumlah garam yang aman dikonsumsi setiap harinya? Menurut data penelitian yang di kemukakan oleh World Health Organization (WHO), jumlah sodium (kandungan dalam garam) yang aman untuk kita konsumsi adalah 2 gram per harinya atau setara dengan 1 sendok teh. Namun ada juga beberapa organisasi kesehatan yang menyatakan bahwa konsumsi garam hingga 5 gram atau 2,5 sendok teh masih berada dalam batas aman untuk dikonsumsi.

Lantas pernahkah kamu terpikir apa bahaya yang terjadi bila terlalu banyak mengkonsumsi garam? Berikut ini kami akan memberikan informasi beberapa bahaya garam jika dikonsumsi secara berlebihan bagi tubuh yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Bahaya Garam Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

 1. Penyakit Demensia

Penyakit demensia ini dapat menyerang otak dan mengakibatkan turunnya berbagai fungsi otak, seperti bahasa, daya ingat (pelupa), dan tingkah perilaku. Penyakit ini bisa terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah di otak. Untuk orang dewasa, mengkonsumsi banyak garam juga bisa berpotensi mengalami penyakit jantung.

2. Kanker Perut

Mengonsumsi garam dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit maag dan berpotensi terjadinya kanker perut. Garam dalam jumlah yang banyak dipercaya memiliki hubungan erat dengan pengrusakan lapisan mukosa pada lambung, sehingga membuat jaringan lambung menjadi tidak normal. 

3. Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan tingginya kadar natrium yang terdapat di dalam darah. Hal tersebut menyebabkan volume darah menjadi meningkat, sehingga tekanan darah juga akan naik. Masalah ini berujung pada berbagai gangguan kesehatan lain, seperti hipertensi, stroke, dan gagal jantung. 

4. Gangguan Fungsi Ginjal

Garam dapat membantu ginjal menjalankan prosesnya untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh Anda. mengonsumsi garam berlebih bisa mengganggu proses tersebut. di mana nanti volume darah akan meningkat akibat ginjal menahan air untuk dibuang ke urin. Ciri-cirinya adalah edema, yaitu pembengkakan yang terjadi akibat kelebihan cairan di beberapa bagian tubuh, misalnya pergelangan tangan dan kaki.

Baca Juga : Makan Micin Juga Ada Bahayanya

5. Hilangnya Rasa Makanan

Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi, lidah akan menjadi terbiasa dengan rasa asin. Ini dapat menyebabkan tubuh Anda secara tidak sadar ingin menambah jumlah garam pada makanan untuk membuat rasanya menjadi lebih kuat. Ini berbahaya karena Anda semakin rentan terkena berbagai gangguan kesehatan lain yang dijelaskan sebelumnya.

Itu dia beberapa bahaya garam jika dikonsumsi secara berlebihan yang mesti kamu ketahui. Garam merupakan salah satu bahan pangan yang diperlukan untuk tubuh, namun ingatlah untuk mengkonsumsinya dalam batas wajar saja agar Anda terhindar dari penyakit yang lebih serius, Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Ini Bahaya Garam Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan"