Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Penyakit Sirosis Hati Sejak Dini

Penyakit sirosis hati merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Pada dasarnya, sirosis hati merupakan tahap akhir dari hepatitis. Jadi jika mengalami penyakit sirosis hati, kemungkinan besar sebelumnya sudah terpapar oleh virus hepatitis baik hepatitis A, hepatitis B, dan seterusnya.

Sirosis hati adalah masalah serius yang memerlukan penanganan khusus, bahkan sampai harus melakukan transplantasi hati. Maka dari itu penyakit ini harus dicegah sejak dini. Pertama-tama kita harus memastikan bahwa kita tidak boleh terkena virus hepatitis terlebih dahulu. Karena biasanya inilah yang menyebabkan awal dari penyakit sirosis yang mengerikan itu.

Baca Juga : Akan Jauh Lebih Baik Jika Anda Mencegah Demam Bedarah

Pada umunya, hepatitis berawal dari paparan virus. Tersebarnya virus bisa lewat berbagai macam hal, seperti berbagi sendok dan garpu bersama teman, melakukan suntikan dengan jarum bekas, berhubungan badan, dll. Jadi, untuk mencegah sirosis sejak dini, kita harus memulai dari mencegah diri terpapar virus hepatitis.

 Cara Mencegah Penyakit Sirosis Hati Sejak Dini

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan dini dari penyakit sirosis.

1. Jangan sembarangan makan di tempat umum

Memang sedikit ambigu, ya. Tapi hal ini memang perlu diperhatikan. Mengingat virus hepatitis dapat menyebar melalui air liur, sendok dan garpu bisa menjadi perantaranya. Namun jika memang terpaksa untuk makan di luar, biasakanlah membawa sendiri alat-alat makanmu. Ini merupakan cara sederhana yang bisa kamu terapkan.

2. Jangan menyuntik menggunakan jarum bekas

Satu hal ini biasanya sangat umum menjadi sumber penyebaran. Selain menyebarkan virus HIV, penggunaan jarum bekas juga bisa menjadi perantara penyebaran virus hepatitis yang nantika beresiko meningkat menjadi sirosis hati, lho!

3. Selalu periksakan diri ketika mengalami gejala hepatitis

Gejala hepatitis biasanya berupa kulit, telapak tangan, dan mata yang berubah warna menjadi pucat dan menguning. Selain itu, tempat di mana organ hati berada yakni di perut sebelah kanan bagian bawah akan terasa sangat nyeri. Mual dan sama sekali tidak selera makan. Jika mengalami geajala tersebut, segeralah periksakan diri pada dokter. Dan pastikan kamu diberikan suntikan vaksin hepatitis.