Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Agar sehat saat hamil lakukan 6 Hal ini

Agar sehat saat hamil lakukan 6 Hal ini. Kehamilan menjadi saat yang ditunggu bagi pasangan yang menikah. Memiliki keturunan yang nantinya akan melanjutkan kehidupan. Keturunan yang sehat dan cerdas menjadi idaman setiap orang tua.

Pertumbuhan manusia telah dimulai saat terjadinya pertemuan sel telur dan sperma. Dari sini tahan kehidupan selanjutnya ditentukan. Oleh sebab itu memastikan kehidupan sejak dalam kandungan sangat penting bagi perkembangan janin selanjutnya. 

Saat hamil sudah seharusnya seorang ibu menjaga kehamilan dengan sebaik-baiknya. Agar pertumbuhan janin sehat, ibu hamil pun harus sehat. Beberapa hal berikut ini dapat dilakukan ibu untuk menjaga kesehatan kandungannya. Yaitu :

 Agar sehat saat hamil lakukan 6 Hal ini

• Gizi cukup 

Zat gizi menjadi hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil. Menjamin asupan gizi yang cukup akan membuat perkembangan janin sempurna. Zat gizi yang lengkap dan cukup akan membuat janin tumbuh sehat dalam kandungan. 

Sehat saat hamil dengan cara mencukupi gizi saat hamil bukan lah hal mudah pada sebagian ibu hamil. Rasa mual saat kehamilan kadang mempersulit ibu untuk memenuhi gizi saat hamil. Jika ini terjadi sebaiknya konsultasikan pada bidan atau dokter. 

• Vitamin dan mineral 

Zat gizi yang dibutuhkannya janin kadang sulit didapatkan dati makanan sehari-hari. Jika ini terjadi pastikan zat gizi yang kurang terpenuhi dengan mengonsumsi vitamin maupun mineral melalui suplemen yang dianjurkan. 

Zat besi menjadi hal yang penting untuk pertumbuhan janin, tetapi kadang kebutuhan yang besar saat hamil tidak terpenuhi. Oleh sebab itu mendapatkan suplemen menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang kurang. 

• Berolahraga

Selama hamil akan terasa lemas dan membuat sebagian ibu hamil malas untuk bergerak. Padahal olah raga menjadi hal yang baik untuk dilakukan saat hamil maupun tidak hamil. Dengan berolahraga tubuh akan menggunakan oksigen dengan maksimal.

Jika anda bingung konsultasikan dengan dokter olahraga yang dapat dilakukan agar sehat saat hamil. Sehingga kesehatan ibu dan janinnya dapat terjaga tanpa membahayakan kehamilan.

• Banyak minum air putih

Saat hamil metabolisme tubuh  ibu lebih meningkat. Oleh sebab itu ibu hamil sering merasa haus. Akibat kehamilan yang membesar kandung kencing akan tertekan oleh rahim, hal ini menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil.

Kadang karena merasa repot harus sering ke toilet, ibu akan mengurangi minum. Padahal kebutuhan cairan ibu sangat penting. Agar tidak terjadi dehidrasi yang bisa berakibat gangguan metabolisme.

• Cek kehamilan teratur

Pertumbuhan janin harus terus dipantau dari bulan ke bulannya, agar jika ditemukan masalah segera diperbaiki. Ini akan menghindari gangguan pertumbuhan janin yang berakibat cacat bawaan.

Lakukan pemeriksaan secara rutin ke tempat layanan kesehatan. Sehingga kondisi kandungan dapat dipantau dengan benar. Bahkan kelahiran yang lancar bisa direncanakan sejak awal dengan kontrol kehamilan yang benar.

• Hindari rokok dan alkohol

Kedua zat tersebut telah diketahui oleh banyak orang memberikan dampak buruk pada kesehatan. Termasuk juga kesehatan janin yang dikandung saat hamil. Oleh sebab itu harus dihindari.

Baca Juga : Tips sehat mencegah penyakit cacar dan penyakit diare

Banyak dampak buruk yang bisa terjadi pada kehamilan, seperti pertumbuhan yang tidak sempurna, keguguran, dan berbagai masalah lainnya. Asap rokok juga menjadi hal yang harus dihindari.  

Saat hamil menjadi saat istimewa bagi ibu dan janin. Saat inilah hubungan ibu dan janin sangat dekat. Jangan sampai saat penting ini berlalu begitu saja.  Sehat saat hamil bisa dilakukan sejak awal. Kiranya artkel saya kali ini bermanfaat, salam sehat dan teruslah jaga kesehatan.