Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Cara Untuk Mahasiswa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

takaksehat.com__Mahasiswa Ingin Berpenghasilan_Hallo sahabat informasiku mungkin Anda seorang mahasiswa yang kekurangan uang jajan maka Anda menemukan artikel ini. Selamat Anda berada di ruang lingkup blog yang tepat, kali ini saya kembali menulis artikel. 

Ya artikel yang Anda baca sekarang ini hasil ketikan bukan tulisan, kalau tulisan maka pakai pulpen bisa juga pensil. Tapi kawan bukan masalah tulis menulis atau ketik mengetik yang akan menjadi pembahasan kita.

Sesuai judul artikel saya “mendapatkan penghasilan tambahan bagi kamu yang adalah mahasiswa,” saya akan memberikan sedikit bumbu-bumbu motivasi dan informasi. Kita sebagai mahasiswa harus menjadi mahasiswa yang berpikir cerdas, terutama pada era digital sekarang ini. 

Saya pernah baca satu artikel yang mengungkapkan bahwa pada zaman kita sekarang hidup di era dimana kereatifitaslah yang menjadi hal utama untuk sukses. 

Peringatan usaha disini bukan hanya bidang oline ya. Tapi dalam kehidupan nyata seperti udaha untuk mengumpulkan sampah demi kebersihan komplek kita, sungguh mahasiswa yang Budiman. Hahahahh.

Maka sangatlah rugi jika kita tidak memanfaatkan otak kita yang adalah anugerah Tuhan untuk berpikir lebih baik lagi, dan menuju kehidupan yang tidak terus meminta-minta kepada orang tua saja selama kuliah. Maka berikut saya berikan kepada Anda informasi bahwa sebenarnya jika kita mau dan berusaha pasti bisa.

Inilah cara kita menambahkan penghasilan kita sebagai mahasiswa silahkan disimak sampai habis ya”

21 Cara Untuk Mahasiswa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

1. Memulai jualan 

Berjualan merupakan usaha yang tidak asing lagi terdengar di telinga kita, tentunya usaha ini tidak akan pernah kadaluarsa dimakan zaman dan selalu eksis keberadaannya sepanjang masa. Seorang yang kampung saya yang kami sebut Puhuk Nani sampai sekarang meskipun sudah pindah kampung masih membuka usaha berjualan.

Apakah kamu sebagai Mahasiswa tidak tertarik, menyisihkan uang jajanmu untuk kamu jadikan modal berjualan. Temanku dikampus ada lo yang melakukan hal yang demikian dan aku rasa dia dalam diamnya saya memperhatikan inspirasi sehingga saya tergerak untuk mencari usaha apa yang bisa saya lakukan untuk bisa mendapatkan uang.

Maka cobalah sisihkan uang jajan dan cari tempat untuk kamu bisa membeli makanan ringan yang bisa kamu jual kembali. Jika modalmu cukup besar kamu bisa menjaul pakaian dan saya rasa ada banyak peluang yang bisa kamu jual selama hal itu benar dan tidak menyimpang dari etika kehidupan beragama dan bermasyarakat dan melanggar hukum.

Selamat mencoba, silahkan berjualan.

2. Menjadi Resseler

Akhir-akhir ini pada poin kedua ini cukup menjadi tren di dunia maya, begitu banyak iklan yang menawarkan jasa penyiapan barang dan kita bisa menjadi penjualnya. Saya sudah mendaftar di satu situs website saya menjual sepatu jika ada yang berminat silahkan hubungi saya. (ini serius, di bagian bawah blog klik contact disana ada no saya)

Menjadi Resseler berbeda dengan poin pertama berjualan, karena pada poin ini kita menjual barang orang lain secara online, dan kita akan mendapat bagian. Misalnya harga barangnya 5rb kita jual dengan harga 8rb jadi 3rb itu menjadi bagian kita.

Tapi setiap penyedia jasa Resseler mempunya aturan mereka masing-masing, Anda pasti tidak asing dengan iklan yang sering nangkring di youtube, iklan aplikasi Meesho, dan ketika saya cek di Play Store ada 1jt yang mendowlod aplikasi tersebut, saya tidak tahu berapa orang yang aktif mempromosikan produknya.

Silahkan kamu coba yaa, siapa tahu rezekimu Allah sudah atur pada jalur usaha yang ini di bagian menawarkan barang. Jika bukan harap bersabar ada 23 jenis usaha dalam artikel ini yang bisa kamu coba. Kalau saya tidak ada bakat karena tidak berlatih. Fokus nulis, ciehhh sedikit pamer sobat.  

3. Menjadi guru les

Saya sebenarnya sangat suka mengajar, tapi ketika saya melihat diri saya. Saya bingung apa yang menjadi keahlian saya sehingga saya bisa jadi guru les. Untuk kamu saya yakin pasti adakan. Maka sekarang mulailah bergerak kamu pandai bahasa Ingris dan pelajaran lainnya.

Kesempatanmu sebagai guru les untuk anak-anak yang membutuhkan bantuan dalam belajar sangatlah besar. Asal kamu tidak malas mencari, kalau tunggu pangilan dari langit saya rasa sulit. (heheheh)

4. Menjadi tukang parkir

Poin yang satu ini sedikit membuat saya berpikir, tapi hal ini bukanlah pekerjaan yang tidak halal asalkan menjadi tukang parkir yang legal. Seperti di solo contohnya setiap tukang pakir sudah mempunyai wilayahnya masing-masing dan hal itu di atur oleh pemerintah setempat.

Jika kamu ingin mencoba menjadi tukang parkir, saya sangat merekomendasikan. Bisa di mal, mini market dan banyak lagi tempat-tempat yang sebenarnya membutuhkan orang jujur seperti kamu yang mau menjaga kendaraan mereka dengan sepenuh nati seperti ibu menjaga anaknya.

5. Menjadi tukang foto

Kalau poin kali ini bahasa kerennya fotografer, jika kamu mempunyai hobi mengabadikan momen dan mampu mengambil bagian-bagian yang tepat saat memotret objek tertentu. Sehingga ketika orang yang memandang hasil potretanmu terkagum-kagum. Maka kamu sangat bisa menjadikan hobi yang yang satu ini menjadi pundi-pundi rupiah.

Ada beberapa website yang juga menyadiakan jasa di mana kamu bisa menjual fotomu di sana. Kamu bisa mencarinya sendiri di embah kita embah Google. Ada banyak situs, salah satu contohnya Shutterstock. Selamat mencoba.

6. Menjadi penulis artikel

Peluang usaha kali ini cocok untuk kamu yang suka menulis seperti saya, cieh saya suka nulis tidak disangka (hehheheh). Jika sahabat mau menjadi penulis artikel yang dibayar bisa hubungi saya akan saya hubungkan dengan teman-teman saya yang membuka jasa penulis artikel. Tapi saya tidak tahu, mereka tentunya ada persyaratannya masing-masing.

Saya bukan memberikan janji, tapi jika kamu mau dan memang rezeki kamu, dan kamu suka nulis dan mau terus belajar sangatlah boleh. Karena zaman sekarang jika kita tidak memanfaatkan keahlian kita sebagai penghasilan tambahan kita sangatlah rugi. Karena selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga menambah isi dompet. 

Baru-baru ini saya melihat di beranda facebook saya ada satu perusahaan yang siap membayar penulis artikel yang mengulas tentang bola, dibayar 50rb jika artikelnya sudah dipubliskasikan di blog mereka. Bagaimana tertarik menjadi penulis artikel? Ada banyak sobat informasinya di Google silahkan jelajahi kamu pasti mengerti betapa kayanya Google akan informasi terutama jika kamu ingin memiliki penghasilan tembahan.

7. Membangun blog sendiri

Membangung blog sendiri merupakan alternatif usaha berikutnya, kamu juga harus menulis artikel. Seperti usaha yang saya lakukan sekarang ini sobat, saya juga menyediakan blog khusus yang akan memberikan Anda pemahaman toturial menjadi blogger dari awal sampai bisa gajian.

Panghasilan yang bisa Anda peroleh menjadi seorang blogger bisa dari iklan Adsense, backlink, dan masih banyak lagi.  

Catatan penting jika ingin jadi blogger, berdasarkan pengalaman saya kita haruslah sabar, dan mungkin satu tahun dari awal kamu memulai blog terutama yang blog gratisan seperti yang saya buat sekarang. kamu tidak akan menerima hasil apa-apa (uang). Jadi butuh konsisten, mau terus belajar, dan sabar. 

Cintailah dunia menulis untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Jika ingin langsung menghasilkan ya, kamu bisa menjadi penulis artikel seperti yang saya jelaskan pada poin no. 6, itu pun mereka yang menyediakan pekerjaan untuk mendapatkan konsumen ada kententuanya dan aturan.

8. Menjadi desainer logo 

Anda mempunyai laptop, Anda mempunyai kouta internet. Maka cobalah usaha yang satu ini. Usaha membuat logo sangatlah menarik menurut saya. Tapi karena saya sudah terjun ke dunia blogger maka saya harus fokus saja dulu. Tapi suatu saat saya akan mencoba bisnis yang satu ini.

Jadi begini Anda bisa membuat mendesain logo, cara kerjanya sama seperti  menjadi fotograper yaitu mejual hasil potretan tapi untuk desain logo kamu menjual logo buatanmu. 

Mungkin akan muncul dalam hatimu pertanyaan, memanngnya ada yang mau membelinya? Untuk hal itu saya sangat yakin ada. Kita seringkali berpikir demikian karena pikiran kita yang terlalu sempit. Kita setiap hari berada dilingkungan yang sama.

Jika Anda tertarik, saya merekonmendasikan chenel youtube mas Rio Purba karena saya juga belajar dari sana meskipun apa yang saya pelajari tidak saya praktikkan, hitung-hitung sebelum saya terjun kedunia desain logo saya harus belajar dulu meskipun saya tidak tahu pasti kapan saya akan memulai membuat logo. Selamat mencoba sahabatku. 

9. Menjadi pekerja di warung makan

Kalau usaha yang satu ini, kamu harus keluar kos dan mencarinya. Dan haruslah disiplin tapi semua pekerjaan harus disiplin sih. Oya untuk warung disini semua jenis tampat yang menyediakan makanan untuk dibeli, nasi dan kawan-kawannya. 

Baca Juga : Berikut untuk kamu yang mau kuliah, caranya memilih perguruan tinggi yang tepat

Menurut saya menjadi pelayan, tukang cuci piring, ataupun tukang pel merupakan pekerjaan yang sangat bagus. Terutama untuk melatih mental bekerja kita, melatih kita untuk taat kepada pemimpin sebelum kita menjadi pemimpin atas diri sendiri. Jadi jika kamu mau memulai pekerjaan yang satu ini selamat mencoba dan terus semangat demi isi dompet di akhir bulan.

10. Berjualan kopi

Membuka warung kopi, warkop jika ingin membuka usaha ini, saya sarankan kamu memiliki teman paling tidak 2-3 orang yang memang kamu mengenal mereka dan kalian adalah sahabat baik. Dalam hal ini cukup sulit kamu bisa bekerja sendiri. Maka mari bersama dalam persahabatan berjuang bersama untuk kehidupan yang menghasilkan. Selamat ngopi konco.

11. Menanam sayur lalu di jual

Pada poin sebelas ini merupakan cita-cira saya sebagai seorang mahasiswa yang dulunya seorang lulusan dari SMK pertanian. Jika saja saya mempunyai halaman rumah yang cukup luas saat ini, mungkin hal ini yang akan saya lakukan dengan semangat.

Mungkin menunggu punya rumah sendiri di desa barulah saya menjadi petani teras rumah, jika kamu tinggal di kos yang memiliki halaman yang cukup luas saya rasa menanam sayur dan merawatnya adalah hal yang sangat menyenangkan. 

Apalagi kamu mau belajar untuk mempunyai hasil panen yang melimpah dirumah pekaranganmu. Waw itu sangat bisa menambah uang jajanmu ketika kamu masih kuliah.

Saya rasa sangatlah beruntung jika kamu sekarang tinggal di rumah sendiri dan memulai memanfaatkan pekarangan rumahmu untuk bercocok tanam, selamat mencoba semoga berhasil dan bisa panen. 

Oya kuncinya mau belajar tentang dasar-dasar pertanian jangan asal tanam ya, karena sayuran itu bernyawa sama seperti kita, ia mahluk hidup juga lo.

12. Membuka jasa pembuatan web

Usaha yang satu ini akan memberikan hasil yang besar bagi kamu, tapi banyak hal yang harus kamu pelajari dalam dunia online terutama. Apalagi kamu bukan seorang mahasiswa yang belajar dibidangnya.  Tapi tenang ada blogger yang gratis dengan fitur terbatas kamu bisa mempelajarinya untuk membuat web, dan menjual jasamu. 

Akan lebih keren lagi menggunakan wordpress karena kamu akan dibayar mahal  jika bisa membuat website, mulai dari membeli hosting, dan membuat domain bahkan mempunyai keahlian dalam bidang SEO Google. Rekomendasi untuk kamu Niagahoster untuk hosting website. Pelajari dan berikan jasamu. Selamat menghosting.

13. Menjadi ojek online

Ketika sampai pada poin yang satu ini, saya berpikir tidak ada sebenarnya waktu untuk santai-santai dalam arti bermalas-malas. Jika kamu suka memakai kendaraanmu bermotor dan siap kepanasan dan kehujanan. Maka menjadi ojek online sangatah cocok bagi kamu.

Dalam dunia yang serberba online sekarang ini ada begitu banyak peluang kerja bagi kita, tapi semuanya kembali ke pada diri kita, Anda mau atau tidak.

14. Menjadi penulis ebook

usaha satu ini, mungkin untuk waktu-waktu berikutnya saya akan membuat ebook juga untuk saya jual, jika ditanya ada yang mau beli. Saya tidak tahu. Kalaupun tidak ada yang mau beli. Toh ebook tidak bisa basi, dan saya tidak ada ruginya membuat ebook. Justru otak saya lebih terlatih dan tidak menganggur sehingga membuat saya heng

Jika kamu suka menulis dan sudah membuat website, menjual ebook juga merupakan alternatif untuk mempunyai penghasilan berikutnya. Maka tunggu apa lagi ayo mulailah menulis dan hasilkan uang dari kamu menulis. Apaan sih hahahahah, yaa itulah selamat mencoba.

15. Memberikan diri untuk menjadi editor

Menjadi seorang editor, ada banyak hal dalam bidang ini. Bisa foto, bisa video, bisa benner, dan bisa menjadi editor mengedit sampul buku. Bahkan membuat logo perusahaan ternama. Hal ini bisa terjadi atas dirimu jika kamu mau belajar dan belajar. Dan memulai bisnis mu pada waktu senggang.

Oya saat saya menulis artikel ini saya memanfaatkan waktu libur kampus saya. Libur waktunya berpikir konten apa yang harus saya tulis di blog saya. 

Baca Juga : Inilah perbedaan sekolahan swasta dan sekolah negerti

Jika ingin membaca puisi aneh tapi serius dan sedikit dipenuhi drama dan emosi. Silahkan saja ketik di pencarian google kamu raditiacerpen.com.

Oke selamat mencoba dan meningkatkan keahlianmu pembaca yang Budiman.

16. Jasa mengedit video

Pada poin kali ini lebih spesifik, ada lo kawan website yang menyediakan pekerjaan bagi kamu kalau kamu memiliki keahlian untuk mengedit video mungkin kamu mempunyai minat ini dia nama webnya fiverr.com silahkan kunjungi ya sobatku dan daftarkan diri kamu sebenarnya untuk poin ini lebih cocok pada poin no 11 tapi yaa sama saja intinya pada website ini semua jasa jenis editing ada seperti undangan, foto, template, dan lain-lain.

Silahkan kamu cek sendiri dan bekerjalah sebaik mungkin bagi orang yang memesan jasamu. Karena penghasilannya lumayan, sesuai dengan keahlianmu.

17. Menjadi Youtuber

Kalau menjadi youtuber saya juga mau, tapi nantilah tunggu penghasilan blog saya stabil karena saya juga pemula cuy menjadi blogger saya akan mengajari membangun blog, menulis konten dengan hari nurani dan itulah. 

Untuk pekerjaan yang satu ini memang tidak asing lagi bagi kamu. Tapi ada sedikit tips dari saya jika kamu mau menjadi youtuber yang lumayan bisa mendapatkan penghasilan.

Saya akhir-akhir ini banyak mengikuti chennel youtube yang membahas tentang film atau merangkum film dan sejenisnya dan tentunya menghibur jika kamu mau mencoba juga menghibur diri. Saya sarankan kunjungi chennel yang satu ini IQ7, saya yakin kalau kamu punya selera humor dijamin betah deh.

Buatlah konten yang mendidik, menghibur, dan tutorial. Jika kamu konsisten membuat konten yang rapi, enak ditonton dan mampu memberikan daya tarik bahkan mampu memberikan emosi dirimu kepada penonton. Pasti akan banyak orang yang akan mau menontong videonya terutama saya.

Karena semua chennel youtube yang saya ikuti dan selalu yang tonton dengan setia adalah chenel yang memberikan saya wawasan, menghibur saya dan mampu mentranfer emosinya kepada saya. Silahkan mencoba sobat. Dan selamat berjuang.

18. Menjadi kereator di Halaman Facebook

Kalau pekerjaan yang satu ini tidak jauh berbeda dari pekerjaan menjadi youtuber. Tapi saya yakin kamu tahu kan fitur yang dalam facebook yaitu halaman fb. Jika kamu mempunyai banyak pengikut dan bisa menulis. Bukan hanya penghasilan dari video yang bisa kamu dapatkan. Tapi penghasilan dari menulis juga.

Caranya cukup mudah, hal ini dikenal dengan instant article, saya rasa jika kamu suka menulis status dan menghubungkan halaman facebookmu ke instan article menggunakan blogger bisa juga wordpress dengan pengikut kira-kira ratusan ribu. Hal ini akan memberikanmu pundi-pundi dollar yang dirupiahkan sobat.

Silahkan ketik saja di mesin pencarian google cara mendaftar instan artikel di fb menggunakan blogger atau wordpress. atau bisa juga kamu cari di Youtube ketik saja, cara mendaftar instan artikel menggunakan blogger atau wordpress.

19. Menulis di media yang membayar

Kembali lagi ke pada dunia tulis menulis, saya akan memberikan kepada kamu informasi, website yang akan membayar kamu kalau kamu mau menulis terutama, konten berita, dan bisa kamu pelajari sendiri ya. Kaskus.co.id, kompasiana.com, jalan tikus, basabasi.co, storial.co, rancah.com dan lain-lain. Silahkan dicoba sobat.

20. Menulis buku untuk diterbitkan

Jika kamu suka menulis dan membaca, maka bukan hanya menulis di internet yang akan memberikan kamu penghasilan. Menjadi penulis buku juga bisa, kamu bisa menerbitkan bukumu secara pribadi bisa juga melalui penerbit terkenal.

Tapi biasanya jika melalui penerbit yang terkenal bukumu akan mudah terjual, namun akan melalui seleksi yang cukup ketat. Jika tulisanmu masih seperti tulisan saya yang amatir sekarang ini sudah bisa saya pastikan akan ditolak. Maka mari jika ingin buku kita diterbitkan oleh penerbit belajar yang rajin ya nak.

Tapi tenang, ada begitu banyak penerbit yang siap hanya mencetak bukumu, dan kamu harus memasarkan bukumu sendiri. Jika kamu yakin bukumu itu berkualitas saya rasa akan sangat bagus karena. Saat kamu memaskan hasil karyamu sendiri itu memberikanmu pengalaman.

Kalau saya mungkin lima tahun lagi akan menulis buku, mencetaknya dan menjualnya. Selamat menjadi penulis salam penulis amatir. Oya jika ingin mencetak buku ada ni rekonendasi saya ignya @pena_borneo. Terimakasih.

21. Ini bonus untuk kamu usaha yang bagus 

Akhirnya sampai juga pada poin terakhir, usaha yang terakhir kali ini adalah mengalahkan diri sendiri. Karena percuma banyaknya informasi masuk ke dalam kepada kita jika kita tidak mau memulainya dan gagal lalu bangkit lagi.

Maka pada poin terakhir kali ini, saya akan mencoba membakar semangat kamu dan menyakiti hatimu agar kamu sadar dan tidak bermalas-malassan, mau sampai kapan tidak berguna? Mau sampai kapan hanya kuliah tanpa mencoba hal lain? Mau sampai kapan hidup hanya penuh gaya dari duit orang tua dan akhirnya melarat? 

Maka kawan usaha terbaik untuk kamu kalahkan adalah egomu, bawalah dirimu untuk menderita dan disiplinlah. Mungkin akan sakit, mungkin akan ada tetes air mata. Tapi saya rasa tidak ada satupun kehidupan yang bermakna jika kamu hanya makan berak, makan berak. Malas baca, malas menulis, malas belajar lau berkata, “aku sudah tahu itu semua,” sungguh tong sampah bau dan nyaring bunyinya.

Itulah 21 cara agar Anda dan saya sebagai mahasiswa mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat selamat mencoba usaha yang saya informasikan salam mahasiswa amatir. Selamat menikmati hari.