Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Program Ekstensi D3 ke S1? Lalu, Seperti Apa Sistemnya? Cek Ulasan Berikut!

Takaksehat.com_Apa Itu Program Ekstensi D3 ke S1? Lalu, Seperti Apa Sistemnya? Cek Ulasan Berikut! - Saat mendengar kata kuliah, sebagian besar orang akan langsung membayangkan pendidikan yang tinggi, yang biasanya ditempuh oleh orang-orang yang ingin bekerja di kantor. Dan menariknya ada juga orang yang sebelumnya sudah kuliah hanya sampai diploma 3, kemudian sudah bekerja, memilih untuk melanjutkan program ekstensi D3 ke S1.

Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu program ekstensi D3 ke S1? Bila belum tahu, berikut ini ada ulasan menarik untuk Anda yang penasaran dengan program pendidikan tersebut, disertai dengan sistem pendidikannya.

Apa Itu Program Ekstensi D3 ke S1? Lalu, Seperti Apa Sistemnya? Cek Ulasan Berikut!

1. Program Ekstensi

Merupakan salah satu program pendidikan yang dapat dipilih oleh Anda sebagai mahasiswa lulusan program D3 atau vokasi, yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya yakni S1. Dan pada program ekstensi, mata kuliah yang Anda ambil tidak akan lagi sama dengan mata kuliah saat Anda duduk di pendidikan vokasi. 

Pada program ekstensi, mata kuliah yang akan dipelajari adalah mata kuliah yang baru dan belum pernah Anda pelajari terkait bidang studi saat di vokasi. Dan biasanya, mata kuliah yang diberikan adalah mata kuliah yang diteliti lebih mendalam, terutama dalam lingkung bidang studi sebelumnya.

Tapi, Anda tidak diwajibkan untuk memilih jurusan yang sama dengan jurusan di D3. Karena di program ekstensi, Anda bisa memilih jurusan yang berbeda namun tetap bersinggungan dengan lingkup keilmuan yang sama.

Hal tersebut dikarena jurusan yang ada di S1 lebih sedikit dibandingkan dengan D3. Dan sifat perkuliahan juga menjadi sorotan yang penting. Karena di S1 Anda akan mendapatkan mata kuliah yang lebih menekankan pada pendalaman keilmuan. Yang diharapkan bisa menambah wawasan serta mendukung keahlian selama kuliah di vokasi. 

Jadwal kuliah pada program ekstensi D3 ke S1 juga berbeda dengan program reguler. Jam kuliah ekstensi biasanya dilaksanakan pada malam hari dan hari libur (Sabtu-Minggu). 

Kebanyakan mahasiswa dari program ekstensi adalah orang-orang yang sudah bekerja. Oleh sebab itu beberapa universitas atau lembaga pendidikan tingkat tinggi mengadakan program ekstensi. Untuk memungkinkan mereka yang masih bekerja melanjutkan kuliah di saat yang bersamaan.

2. Sistem Pendidikan Ekstensi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau pada program ekstensi Anda bisa memilih jurusan yang tidak sama dengan jurusan saat di D3. 

Misalnya, bila pada pendidikan vokasi Anda mengambil jurusan Akuntansi, maka di program ekstensi Anda mengambil jurusan yang sama yakni jurusan Akuntansi. Dan hal tersebut disebut dengan linear. Yang dimana mata kuliah yang Anda dapat di pendidikan vokasi, dapat Anda konversikan ke dalam mata kuliah yang menjadi syarat utama untuk kelulusan S1.

Lalu apakah boleh mengambil program ekstensi yang tidak linier? 

Untuk di beberapa perguruan tinggi mungkin ada yang menyediakan program ekstensi, namun kebijakan yang diterapkan pada tiap kampus tidak sama.

Walau tidak spesifik sama tapi Anda tetap harus berada di bidang yang sejenis. Contoh, Anda lulusan D3 Teknik Informatika maka Anda harus melanjutkan S1 pada jurusan yang masih berada pada lingkup keilmuan mengenai komputer, seperti Sistem Informasi atau Ilmu Komputer.

Dan pastinya Anda harus siap dengan konsekuensi bila mengambil jurusan yang tidak linier. Karena kemungkinan besar untuk lulus, Anda membutuhkan waktu yang lama bila dibandingkan dengan jurusan yang linier pada program ekstensi D3 ke S1 yang Anda pilih.

Posting Komentar untuk " Apa Itu Program Ekstensi D3 ke S1? Lalu, Seperti Apa Sistemnya? Cek Ulasan Berikut!"