Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mencegah Penyakit Cacar Dan Penyakit Diare Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Cacar Sejak Dini

Hai sahabat Takaksehat.com_Cacar air adalah penyakit yang menyerang kulit manusia. Biasanya ditandai dengan bintik-bintik pucat yang menyebar ke seluruh tubuh. Banyak yang menyepelekan penyakit ini tanpa sadar bahwa penyakit ini juga sangat berbahaya.

Pada dasarnya, cacar air adalah penyakit yang menular dari orang satu ke orang lainnya hanya dengan sentuhan saja. Biasanya orang akan terpapar cacar air hanya sekali saja dalam hidupnya. Dan di beberapa kasus akan berlanjut pada cacar api yang muncul beberapa tahun kemudian.

Meskipun demikian, cacar air tidak bisa dianggap sepele seperti itu, bagaimanapun juga penyakit ini harus dicegah melalui pencegahan sejak dini. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? 

Berikut ini akan dijabarkan beberapa cara yang harus dilakukan guna mecegah sejak dini terhadap penyakit cacar air.

1. Jangan pernah melupakan atau mengabaikan vaksin cacar

Pemberian vaksin cacar memang sangat penting untuk mencegah terkena cacar air. Sejak dini biasakan jangan menghindari suntikan cacar air yang diberikan. Karena walaupun vaksin tidak menjamin serratus persen untuk mencegah penyakit cacar air, namun setidaknya bintil-bintil yang timbul pada orang yang sudah diberi vaksin akan jauh lebih sedikit daripada yang belum mendapat vaksin cacar sama sekali.

2. Menjaga jarak dengan anak yang sedang terpapar cacar air

Seperti yang kita tau, cacar adalah penyakit menular yang sangat mudah untuk ditularkan pada orang lain. Apabila seorang teman kebetulan mengalami cacar air di tubuhnya, sebaiknya kamu sedikit menjaga jarak dengannya. 

Katakan bahwa kamu tidak bermaksud menjauhi dia, namun untuk sementara kamu harus berjaga jarak dengannya hingga sampai dia sembuh dari penyakit cacarnya. Usahakan pula untuk menggunakan masker ketika berbicara dengannya.

3. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian kita. Terutama untuk mencegah terkena cacar air, kamu harus membiasakan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan sekitar.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Jantung Ada Caranya Simak Disini


Cara Mencegah Penyakit Diare Sejak Dini

Diare adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Baik balita, anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Diare biasanya terjadi ketika seseorang mengalami buang air besar terlalu sering.

Banyak orang Indonesia yang mengalami penyakit ini. Mereka yang merasakannya pasti tahu bagaimana tidak enaknya mengalami diare. Karena diharuskan bolak-balik kamar mandi untuk BAB. Memang sangat menjengkelkan, ya!

Sebenarnya, apa sih penyebab diare itu? Diare adalah sebuah penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri kotor yang bersatu atau terkontaminasi dengan makanan yang kita makan sebelumnya. 

Walaupun terlihat biasa saja, diare tidak boleh disepelekan, loh! Karena jika dibiarkan akan memasuki stadium parah. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk kamu belajar bagaimana cara untuk menghindari dan mencegah timbulnya penyakit diare.

Berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu aplikasikan dalam keseharian.

1. Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan

Sudah sepatutnya kita sebagai manusia untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan. Hal ini memang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hidup bersih juga akan menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit.

2. Menjaga makanan yang akan kita makan tetap steril dan bersih

Salah satu pemicu timbulnya diare adalah karena makanan yang kamu konsumsi kemungkinan tidak steril dan sudah terkontaminasi. Maka dari itu, sikap kita untuk tetap menjaga kebersihan dan kesterilan makanan harus ditegakkan. Karena manfaatnyapun nanti akan dirasakan sendiri.

3. Rajin mencuci tangan

Entah kamu ingin memegang sesuatu, menyentuh sesuatu, bahkan memakan sesuatu, di manapun itu kita tetap harus mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan menggunakan sabun cuci tangan, serta gosok bagian-bagian yang perlu diperhatikan. Setelah selesai, barulah bisa menyentuh makanan dan memakannya.

4. Hindari memasak makanan yang belum matang dengan sempurna

Memasak makanan yang belum matang sempurna juga dapat memicu terjadinya diare, ini disebabkan ketika misalnya kamu sedang memasak daging, apabila daging tersebut tidak matang dengan sempurna, maka bakteri yang ada pada daging tersebut juga akan membahayakan siapapun yang memakannya.



Posting Komentar untuk "Mencegah Penyakit Cacar Dan Penyakit Diare Sejak Dini"