Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Buah Naga

 

Khasiat  Buah Naga Bagi Kesehatan Secara Alami

Selamat hari dimana Anda membaca artikel kali ini, berbagi tentang manfaat buah Naga bagi Kesehatan kita. Kita tentunya sangat menginginkan pikiran yang sehat agar dapat bekerja dengan baik. Dan pikiran yang sehat harus diawali dengan jasmani yang kuat. Maka untuk dapat kuat kosumsilah makanan dan olahan-olahan yang alami, yang alami kali ini adalah buah Naga.

Buah dengan sebutan unik di namanya, yaitu buah naga. Merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengan namun diekspor ke negara-negara dengan musim subtropics contohnya Indonesia sendiri.

Buah naga adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan zat yang baik di dalamnya. Kandungan buah naga sangat baik untuk pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. 

Selain itu, buah naga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak di dalamnya. Adapun gizi-gizi tersebut sangatlah penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Buah Naga merupakan buah dengan rendah kalori, mengandung sekitar 50 kalori per 100 g. 

Meskipun demikian, buah yang satu ini menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan di dalamnya.

Buah naga memiliki sumber salah satu antioksidan yaitu vitamin C yang sangat baik untuk tubuh, menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI. Konsumsi makanan yang sangat kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan sistem ketahanan untuk melawan agen infeksius dan mengais radikal bebas berbahaya. 

Buah naga dengan daging berwarna merah mengandung kadar vitamin-A yang sehat, dan karoten. Senyawa vitamin A ini memiliki sifat sebagai antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan mata. Vitamin-A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mukosa.

Buah nagapun juga mengandung mineral dalam jumlah baik seperti magnesium, fosfor, mangan, dan besi. Mangan yang dipakai oleh tubuh sebagai zat antioksidan yang kuat sebagai enzim, superoksida dismutase. Magnesium sendiri yaitu mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium.

Buah ini sangat aman dikonsumsi bagi siapapun termasuk ibu hamil. Karena sampai saat ini masih belum ditemukan efek samping bisa didapat dari mengonsumsi buah Naga.

Banyak yang berasumsi bahwa buah naga dengan daging berwarna merah dan putih memiliki kandungan nutrisi serta zat-zat yang berbeda, namun sebenarnya kurang lebih sama. 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah Naga.

1. Mencegah resiko terjadinya kanker

Buah naga kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta juga yang dapat membantu mengeluarkan racun atau mendetoks logam dari tubuh. Racun tersebut ada dalam tubuh kita, lho! Selain itu, buah naga juga kaya akan zat antioksidan phytoalbumin yang dapat membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

2. Tinggi Nutrisi

Buah naga adalah buah yang rendah kalori namun dikemas dengan vitamin dan mineral yang penting. Ini juga mengandung sejumlah besar serat makanan.

Berikut ini ikhtisar nutrisi utama dalam satu cangkir saji (227 gram)

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% dari RDI
  • Magnesium: 18% dari RDI
  • Vitamin C: 9% dari RDI
  • Vitamin E: 4% dari RDI

Selain nutrisi yang penting, buah naga juga memasok senyawa berupa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, serta betacyanins.

3. Dapat Membantu Memerangi Penyakit Kronis

Sudah banyak diketahui oleh banyak orang bahwa buah yang satu ini kaya dengan manfaat. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan yang kuat, termasuk .

  • Vitamin C : atau yakni Studi observasi mengatakan ternyata sudah menemukan korelasi antara asupan vitamin C dengan risiko kanker.
  • Betalains yakni Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa betalain dapat memerangi stres oksidatif dan mungkin memiliki kemampuan untuk menekan sel kanker.
  • Karotenoid yakni Beta-karoten dan likopen adalah termasuk pigmen tanaman yang bisa memberi warna cerah pada buah naga. Diet kaya akan zat karotenoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

Yang terpenting adalah, antioksidan akan bekerja paling baik saat dimakan secara alami dalam makanan tersebut, bukan dalam bentuk pil ataupun suplemen. Fakta membuktikan, bahwa suplemen antioksidan kemungkinan memiliki efek yang berbahaya, dan meminumnya tanpa pengawasan medis sangat tidak disarankan.

4. Serat yang mengandung banyak khasiat

Serat makanan merupakan karbohidrat yang sejatinya tidak dapat dicerna dan memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Otoritas kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Layaknya antioksidan yang lainnya, suplemen serat tidak mempunyi banyak manfaat kesehatan yang sama dengan serat dari makanan lain.

Dengan 7 gram untuk per porsi satu cangkir penuh, buah naga merupakan sumber makanan utuh yang sangat baik bagi tubuh. Meskipun seratnya kemungkinan paling terkenal karena perannya yang ada dalam pencernaan, penelitian membuktikan bahwa serat juga bisa berperan dalam melindungi seseorang terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan yang sehat. Banyak sekali bukan?

Walaupun memerlukan lebih banyak penelitian, beberapa dari studi observasi menunjukkan bahwa dalam diet tinggi serat bisa melindungi dari kanker usus besar. Walaupun masih tidak ada penelitian yang mengait-ngaitkan buah naga dengan salah satu dari kondisi yang terjadi ini ini, kandungan seratnya yang terbilang tinggi dapat membantu kamu untuk memenuhi nilai harian yang direkomendasikan. 

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa diet tinggi serat dapat memiliki kekurangan, terutama jika Anda terbiasa dengan diet rendah serat. Untuk menghindari dari ketidaknyamanan pada perutmu, tingkatkanlah asupan serat makanan secara bertahap dan banyak-banyak minumlah yang mengandung banyak cairan.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kemampuan tubuhmu untuk melawan jahatnya infeksi ditentukan oleh beberapa faktor berbeda, termasuk kualitas makanan yang kamu makan. Vitamin C serta karotenoid dalam buah naga sangat bisa meningkatkan sistem kekebalan kamu dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih Anda dari kerusakan.

Sel darah putih yang ada dalam sistem kekebalanmu menyerang dan menghancurkan zat-zat berbahaya. Namun, mereka sejatinya sangat sensitif terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Sebagai antioksidan yang sangat kuat, vitamin C serta karotenoidpun bisa menetralkan radikal bebas ataupun melindungi sel darah putih yang ada pada dirimu dari bahaya.

6. Bisa tingkatkan tingkatan kandungan besi dalam tubuh

Buah naga itu merupakan salah satu buah dari sedikitnya buah fresh yang memiliki zat besi. Zat besi mempunyai peranan yang berarti dalam mengangkat oksigen ke dalam segala badanmu. Perihal ini pula mempunyai kedudukan berarti dalam memecah santapan jadi tenaga.

Sayangnya, banyak orang tidak memperoleh lumayan zat besi. Kenyataan meyakinkan, kalau diperkirakan dekat 30% dari populasi yang terdapat dunia kekurangan zat besi, menjadikan kenyataan ini jadi kekurangan nutrisi sangat universal di segala dunia. 

Buat mengalami kandungan zat besi yang sangat rendah, sangat berarti buat komsumsi seluruh berbagai santapan yang kaya hendak zat besi. Yang tercantum ke dalam yang kaya akn sumber zat besi contohnya daging, ikan, kacang- kacangan, kacang- kacangan dan sereal. Buah naga dapat jadi suatu opsi pula, sebab satu jatah buah naga tersebut memiliki 8% dari konsumsi setiap hari yang direkomendasikan( RDI). Buah naga pula memiliki vit C, yang menolong badanmu meresap banyak zat besi.

Dibutuhkan lebih banyak riset, tetapi sebagian periset menampilkan kalau konsumsi magnesium yang lebih besar kadarnya bisa kurangi resiko penyakit jantung ataupun stroke.

7. Menyehatkan usus

Ususmu merupakan suatu rumah untuk dekat 100 triliun mikroorganisme yang bermacam- macam, tercantum lebih dari 400 spesies kuman yang tinggal di dalam badanmu.

Banyak periset yakin komunitas mikroorganisme ini bisa mempengaruhi kesehatan kalian. Baik riset pada manusia serta hewan sudah mengaitkan ketidakseimbangan dalam usus kalian dengan keadaan semacam asma serta penyakit jantung.

Mengingat buah naga memiliki prebiotik, ini berpotensi tingkatkan penyeimbang kuman baik di usus Kamu. Prebiotik merupakan tipe serat spesial yang mendesak perkembangan kuman sehat di usus Kamu.

Semacam seluruh serat yang lain, usus Kamu tidak bisa memecahnya. Tetapi, kuman di usus Kamu dapat mengolahnya. Mereka memakai serat bagaikan bahan bakar buat perkembangan, serta Kamu menuai khasiatnya. Baca Juga Cara Membuat Juz Buah Enak Dan Segar

Secara spesial, buah naga paling utama mendesak perkembangan 2 keluarga kuman sehat: kuman asam laktat serta bifidobacteria (22, 23, 24).

Komsumsi prebiotik secara tertib bisa kurangi resiko peradangan pada saluran pencernaan serta diare Kamu. Ini sebab prebiotik mendesak perkembangan kuman baik, yang bagi para periset bisa mengalahkan kuman jahat.

Misalnya, suatu riset pada turis menampilkan kalau mereka yang komsumsi prebiotik saat sebelum serta sepanjang ekspedisi hadapi episode diare turis yang lebih sedikit serta lebih ringan

Sebagian riset pula menampilkan prebiotik bisa meredakan indikasi penyakit radang usus serta kanker usus besar. Sayangnya, penemuan ini tidak tidak berubah- ubah.

Walaupun banyak riset tentang prebiotik menguntungkan, riset tentang kegiatan prebiotik buah naga terbatas pada riset tabung respon. Dibutuhkan lebih banyak riset buat memastikan dampak sesungguhnya pada usus manusia.

Baiklah ini dulu yaaa artikel kali ini, selamat membaca dan mengkonsumsi buah Naga. Kiranya artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat menikmati harimu sahabat.


Posting Komentar untuk " Khasiat dan Manfaat Buah Naga"