Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali penyakit sendi osteoartritis (OA)



Kenali penyakit sendi osteoartritis (OA)

Hay sahabat tataksehat.com, kali ini saya kembali membawakan satu informasi tentang pernyakit yang sering dialami masyarakat secara umum. Yaitu penyakit sendi osteoarthritis. Penyakit ini sangat tidak nyaman bagi kita yang mengalaminya. Dan berikut penjabaran lengkapnya.

Osteoartritis (OA) ialah kondisi kronis yang paling umum terjadi pada sendi, penyakit ini kadang pula disebut dengan degeneratif penyakit sendi atau artritis degeneratif, OA bisa mempengaruhi sendi apa pun, tetapi paling sering terjadi pada sendi lutut, pinggul, punggung bawah dan leher, sendi kecil jari-jari dan pangkal ibu jari dan ibu jari kaki.

Bila  kita lihat pada persendian normal, bahan yang keras dan kokoh yang disebut kartilago menutupi ujung setiap tulang. Pada sendi yang menderita penyakit osteoartritis (OA), tulang rawan mengalami kerusakan, yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan masalah menggerakkan sendi. Pada saat  OA memburuk dari waktu ke waktu, tulang bisa memecah dan mengembangkan pertumbuhan yang disebut taji (tojolan seperti tulang tumbuh). Mencegah ssam urat

Bits tulang atau tulang rawan bisa chip off dan melayang di dalam sendi. Di dalam tubuh, proses peradangan terjadi dan sitokin (protein) dan enzim berkembang yang lebih merusak kartilago. Pada tahap akhir OA, tulang rawan memudar dan tulang menggosok terhadap tulang yang menyebabkan kerusakan sendi dan lebih banyak rasa sakit.

Hal apa saja yang bisa mencegah Osteoartritis? 

Secara medis mungkin OA tidak bisa dicegah namun untuk meminimalisir terjadinya OA atau meminimalisir potensi bertambah parah anda bisa melakukan hal berikut :

  • Merawat dan menjaga kestabilan berat badan agar terhindar dari obesitas
  • Dengan melakukan perenggangan otot sesering mungkin
  • Dengan makan makanan yang bergizi seperti sayuran dan jangan membeli produk makanan yang berkalori tinggi.
  • Dengan olahraga rutin untuk menguatkan otot dan sendi

Nah, sekian artikel yang bisa dijelaskan mengenai Kenali penyakit sendi osteoartritis (OA), semoga bermanfaat. Jangan lupa pesan saya, tetap saja pola hidup sehat. Karena dalam tubuh yang sehat ada kebahagiaan yang terpancarkan, dan banyak hal dapat dilakukan bahkan dinikmati. Selamat menikmati harimu sahabat.