Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasiat 4 Buah Bagi Pola Hidup Sehat Alami Dan Kecantikan

Buah Bagi Pola Hidup Sehat Alami Dan Kecantikan

Buah-buahan adalah santapan yang sangat enak, jika dimakan dalam kondisi segar atau baru saja dipetik dari pohon dengan kematangan yang pas. ternyata selain enak, buah juga menyehatkan dan rahasia cintak alami.  Jadi Berikut beberapa manfaat kasiat buah bagi kesehatan.

1. Khasiat dan Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah pisang adalah salah satu buah yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Sudah banyak dari orang-orang yang bahkan memilih untuk menanam sendiri buah pisang agar dapat mengonsumsinya ketika sudah matang.

Pisang memiliki bentuk lonjong dan sedikit melengkung. Warna kulitnya adalah hijau ketika belum matang, dan kuning kecoklatan ketika sudah matang. Sama halnya dengan buah lain, buah pisang sendiri juga memiliki beragam jenisnya. Biasanya, berbeda jenis pisangnya maka berbeda juga bentuknya, walaupun hanya sedikit saja.

Selain enak dimakan, orang-orang juga suka mengolahnya menjadi jajanan maupun minuman yang tak kalah enak untuk dinikmati. Selain itu juga, buah pisang kerap kali dijadikan sebagai perawatan kecantikan bagi para wanita. Hal ini sudah biasa, karena khasiat yang ada di dalam buah pisang memang sangat bagus untuk kulit.

Berikut beberapa manfaat pisang yang perlu kamu ketahui.

1. Penurun berat badan yang aman untuk dikonsumsi

Jika kamu sedang menjalankan program diet, buah yang mengandung kalori relative sedikit ini akan dapat membantumu melancarkan diet yang sehat. Jadi, tidak perlu jauh-jauh untuk menurunkan berat badan, ya!

2. Mengobati penyakit diabetes

Penyakit diabetes tidak boleh dianggap sepele, karena penyakit ini sangat berbahaya. Untuk mengatasi diabetes, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini sebagai makanan tambahan bagi penderita.

3. Mencegah resiko terjadinya penyakit jantung

Penyakit jantung kerap kali bisa menyerang siapa saja. Tidak melihat umur. Sejatinya, buah pisang ini memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid di dalamnya. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung manusia.

4. Menghaluskan kulit wajah

Memiliki kulit sehalus kulit bayi adalah impian semua wanita. Mereka memakai berbagai macam produk serta tips-tips yang dianjurkan untuk itu. Namun, sebenarya tidak perlu jauh-jauh, buah pisang juga dapat membantu menghaluskan kulit, lho! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan daging buah pisang sampai halus merata, kemudian campurkan beberapa sendok madu dan aplikasikan ke wajamu seolah sedang memakai masker wajah.


2. Khasiat dan Manfaat dari Buah Alpukat

Alpukat, disebut juga alligator pear, adalah buah yang termasuk dalam famili tumbuhan berbunga Lauraceae. Anggota keluarga lainnya termasuk kayu manis, kamper, dan bay laurel.

Alpukat diyakini berasal dari Puebla, Meksiko, dan kata "alpukat" berasal dari kata Nahuatl ahuacatl, yang berarti "buah pelir", mengacu pada bentuk buahnya.

Saat ini, ada lebih dari 80 jenis alpukat, dengan varietas Hass menjadi yang paling populer. Varietas umum lainnya termasuk Bacon, Brogdon, Fuerto, Gwen, Wilma, Reed, Pinkerton, Lula, dan Zutano.

Alpukat sangat populer dalam masakan vegetarian, sebagai pengganti daging pada sandwich dan salad karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Mereka juga digunakan sebagai dasar untuk saus Meksiko yang dikenal sebagai guacamole, serta isian untuk beberapa jenis sushi, termasuk gulungan California.

Di beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Brazil, alpukat biasa digunakan untuk milkshake dan kadang ditambahkan ke es krim dan makanan penutup lainnya. Milkshake dibuat dengan susu, gula, air, dan bubur alpukat. Sirup cokelat terkadang ditambahkan.

1. Fakta Nutrisi Alpukat

Alpukat dianggap sebagai buah padat nutrisi karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Ini juga tinggi serat dan mengandung fitokimia seperti beta-sitosterol, glutathione, lutein dan zeaxanthin.

Selain itu, alpukat adalah salah satu dari sedikit buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak “baik”.

Menurut USDA FoodData Central, satu cangkir porsi alpukat mentah yang diiris mengandung:

234 kalori, 12,5 g karbohidrat, 2,9 g protein, 9,8 g serat, 0,4 mg vitamin B6, 14,6 mg vitamin C., 3,0 mg vitamin E., 30,7 mcg vitamin K., 118 mcg folat, 708 mg kalium, 14,3 g lemak tak jenuh tunggal

2. Manfaat Kesehatan Alpukat

Menjaga kesehatan jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 dan folat, yang dapat berfungsi untuk membantu mengatur kadar homosistein dalam tubuh. Tingkat homosistein yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga membantu menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan kolesterol

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang memasukkan alpukat dalam makanan mereka selama 7 hari mengalami penurunan kadar kolesterol total sebesar 17 persen, penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida sebesar 22 persen, dan peningkatan HDL sebesar 11 persen. tingkat kolesterol (baik).

Mengontrol tekanan darah

Alpukat adalah sumber potasium yang bagus, yang membantu mendukung dan menjaga tekanan darah normal. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Mencegah kanker

Alpukat mengandung karotenoid dan lemak tak jenuh tunggal, yang keduanya jika digabungkan akan mengurangi kanker. Lebih lanjut, sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Seminars in Cancer Biology menemukan bahwa fitokimia dalam alpukat dapat mendorong kematian sel garis sel pra-kanker dan kanker.

Manfaat anti inflamasi

Alpukat kaya akan asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang memiliki efek anti-inflamasi. Alpukat juga mengandung antioksidan kuat, seperti vitamin C dan E, yang juga memiliki manfaat anti inflamasi, yang dapat membantu meredakan gejala osteoartritis.

Meningkatkan kesehatan mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang membantu melindungi dan memelihara sel-sel sehat di mata. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mereka yang makan alpukat mengalami peningkatan yang signifikan dalam kepadatan pigmen makula (MPD). GKG rendah bisa menjadi faktor risiko degenerasi makula terkait usia.

Menariknya, tim peneliti yang sama menemukan bahwa konsumsi alpukat memberikan lebih dari dua kali lipat GKG dibandingkan dengan suplemen lutein atau zeaxanthin. Ini menunjukkan bahwa asam lemak (MUFAs) dalam alpukat secara signifikan meningkatkan penyerapan karotenoid utama ini di atas suplemen.

Mengatur gula darah

Tingginya kadar lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membantu menghentikan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, serat larut dalam alpukat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dan antioksidan yang larut dalam lemak.

Satu penelitian menunjukkan bahwa alpukat meningkatkan penyerapan karotenoid saat dikonsumsi bersama salad dan salsa. Studi ini mengamati penyerapan alfa-karoten, beta-karoten, dan lutein, masing-masing 7,2, 15,3, dan 5,1 kali lebih tinggi.

Meningkatkan pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi alpukat sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melancarkan buang air besar secara teratur, dan membantu mencegah sembelit.


Mencegah cacat lahir

Alpukat kaya akan folat, vitamin B yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Setiap 100 gram alpukat mebgabdubg sekitar 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan. Folat sangat penting untuk kesehatan kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida.

Melawan bau mulut

Alpukat efektif melawan bau mulut karena kemampuannya membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, daging alpukat yang kental dan lembut membersihkan mulut Anda saat Anda mengunyahnya, sehingga membantu menyegarkan napas.

Baik untuk kulit

Alpukat adalah sumber lemak sehat yang kaya yang dapat menjaga kulit Anda tetap kenyal dan lembab.

Mereka juga mengandung vitamin C dan E, yang keduanya penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu menstimulasi kolagen, protein struktural utama yang bertanggung jawab untuk kesehatan kulit, dan vitamin E melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Mendukung kesehatan tulang

Alpukat adalah sumber vitamin K yang sangat baik.Sekitar setengah dari alpukat menyediakan sekitar 25 persen dari asupan vitamin K harian yang direkomendasikan.

Vitamin K berperan penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium untuk perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat vitamin K yang rendah terkait dengan risiko patah tulang pinggul yang lebih tinggi dan kepadatan mineral tulang yang rendah.

Penurun berat badan

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa alpukat harus dihindari dalam makanan yang dibatasi kalori karena kandungan lemaknya yang tinggi. Faktanya, memasukkan alpukat ke dalam makanan Anda akan membantu Anda merasa lebih kenyang, yang pada akhirnya akan mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak dan dengan demikian menurunkan asupan kalori Anda

Selain itu, alpukat dapat menjadi suplemen yang sangat baik untuk diet penurunan berat badan yang efektif karena kandungan seratnya yang tinggi.

Perawatan hati

Bahan kimia yang terkandung dalam alpukat ternyata efektif dalam mengurangi kerusakan hati.

Sebuah studi tahun 2000 yang dipresentasikan oleh American Chemical Society menemukan bahwa alpukat mengandung bahan kimia kuat yang dapat melindungi dari kerusakan hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis C, yang dapat menyebabkan penyakit hati yang parah dan kematian.

Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit umum yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Sampai saat ini belum ada obat yang efektif untuk menyembuhkan jerawat, tetapi dapat diobati. Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin sangat efektif dalam mengendalikan jerawat atau kulit berjerawat.

Meskipun ada banyak faktor di balik penyebab jerawat, faktor yang paling umum adalah penyumbatan pori-pori kulit kita oleh kotoran, kotoran, minyak berlebih, dll.

Ketika pori-pori kulit kita tersumbat maka kulit kita menjadi sulit untuk menghilangkan racun secara efektif dan hal ini menimbulkan jerawat, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Alpukat sangat efektif untuk menghilangkan racun dari tubuh dan kulit kita dan dengan demikian membantu mengendalikan jerawat.

Alpukat juga bisa dioleskan untuk mengendalikan jerawat, dan untuk membuat kulit kita halus dan bercahaya.

Selain buah alpukat, minyak alpukat juga bisa digunakan untuk mengendalikan jerawat. Untuk ini, bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah yang ringan, pijat minyak alpukat di wajah Anda dengan gerakan melingkar.

Setelah 20 menit, gosok perlahan dengan handuk basah hangat, dan terakhir oleskan scrub ringan ke wajah Anda dan keringkan.


3. Khasiat dan Manfaat dari Buah Nangka untuk Kesehatan

Nangka adalah salah satu buah yang juga banyak tumbuh di beberapa daerah di Indonesia. Buah yang satu ini juga sangat diminati orang-orang untuk sekedar dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi makanan yang lezat.

Buah nangka memiliki bentuk yang sedikit mirip dengan durian, yaitu pada bagian kulitnya yang sedikit berduri. Namun perbedaan yang cukup signifikan terdapat di bagian tersebut juga. Jika duri pada durian sangat tajam, namun pada nangka durinya tidak terlalu tajam. Selain itu, perbedaannya ada pada baunya yang berbeda jauh.

Nangka memiliki daging buah berwarna kuning ketika sudah matang. Dan berwarna sedikit kecoklatan ketika belum matang. Nangka yang belum matang juga bisa diolah menjadi sayuran untuk lauk makan, yakni yang orang-orang sebut sebagai tewel.

Belum banyak yang menyadari akan khasiat dan manfaat yang terkandung di dalam buah yang satu ini. Padahal ada banyak sekali khasiat yang terdapat pada buah nangka ini. Selain itu, buah nangka sangat mudah dijangkau, namun tidak ada namanya musim nangka jadi buah ini tidak akan melimpah di waktu tertentu.

Berikut adalah beberapa manfaat buah nangka yang baik untuk kesehatan.

1. Melancarkan sistem pencernaan pada manusia

Sudah tidak asing lagi bahwa buah angka sangat berpengaruh untuk kesehatan pencernaan. Bagi mereka yang sering mengalami sembelit, buah nangka menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Buah nangka memiliki sifat anti ulkus yang dapat melancarkan sistem pencernaan pada manusia

2. Mencegah resiko terjadinya penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit serius yang harus dicegah sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan memakan buah kuning yang enak ini. Penelitian mengatakan bahwa buah nangka memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk tubuh.

3. Mencegah penyakit anemia

Buah nangka memiliki kandungan zat besi yang melimpah. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita atau untuk mencegah penyakit anemia. Kamu bisa mengonsumsi buah nangka yang cukup untuk mencegah anemia.


4. Khasiat dan Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan 

Melon adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang sangat manis dan begitu menggugah. Melon sendiri berasal dari perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Kulit buah melon sendiri memiliki warna hijau dengan biji buah yang sangat banyak. Selain itu melon juga memiliki kandungan air yang sangat banyak di dalamnya. 

Ukuran buah melon memiliki bentuk bulat dan ukurannya biasanya lebih kecil dari buah semangka. Daging buah melon sangat empuk dan manis. Selain enak dikonsumsi secara langsung buah melon juga bisa diolah menjadi sebuah Jus yang rasanya tidak kalah enak.

Berikut khasiat dan manfaat dari buah melon untuk kesehatan dan kecantikan .

1. Meningkatklan sistem imun atau kekebalan pada tubuh

Buah melon memiliki kandungan vitamin C serta beragam nutrisi dan zat besi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita. Jadi, selain enak dikonsumsi kamu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu.

2. Melancarkan sisrem pencernaan

Semua orang pasti tau bahwa buah melon memiliki kandungan serat. Hal ini dapat menjadi jawaban bagi kalian yang mengalami sembelit. Dan tak lupa juga bahwa melon memiliki kandungan air yang sangat banyak.

3. Menurunkan tekanan darah yang tinggi 

Bagi penderita hipertensi, buah melon dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi secara rutin. Karena melon memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu melon juga mengandung natrium yang rendah dan kalium yang tinggi.

4. Mencegah resiko terjadinya penyakit jantung 

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat serius dan tidak boleh disepelekan. Buah melon dapat membantu mencegah masalah tersebut. Hal ini dikarenakan melon memiliki kandungan adenosine yang dapat memperlancar aliran darah disekitar organ jantung.

5. Mempercantik kulit wajah

Selain untuk kesehatan, buah melon juga berkhasiat untuk merawat dan mempercantik kulit wajah. Karena, buah melon memiliki kandungan vitamin K dan vitamin E yang berperan sangat penting untuk membuat kulit sangat bercahaya dan menjaga kesehatan kulit.

Sekian untuk informasi sehat alami kali ini, selamat mencoba dan sehat selalu. 

Posting Komentar untuk "Kasiat 4 Buah Bagi Pola Hidup Sehat Alami Dan Kecantikan"