Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Penyakit Anemia Dan Penyakit Diabetes Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Anemia Sejak Dini

Anemia merupakan penyakit umum yang diderita banyak orang. Bahkan sebagian orang menganggap penyakit ini sepele. Mereka berpikir memiliki penyakit anemia merupakan hal yang lumrah dan akan hilang dengan sendirinya, faktanya banyak penderita anemia yang berujung kematian. 

Banyak yang berpikir bahwa anemia akan menyerang orang-orang dewasa ataupun lansia saja. Dan lagi-lagi, fakta mengatakan bahwa penderita anemia banyak yang masih berusia muda. Terutama pelajar sekolah.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kelelahan, kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi, kekurangan air putih, dan masih banyak lagi. Maka dari itu pencegahan sejak dini terhadap penyakit anemia perlu dilakukan setiap orang.

Berikut berbagai cara yang bisa kamu coba lakukan agar terhindar dari penyakit anemia.

1. Perbanyak mengonsumsi air putih

Hal ini memang sangat perlu untuk dilakukan. Konsumsi air yang cukup akan membuat setiap orang memiliki asupan mineral yang cukup. Ini juga berlaku untuk mencegah resiko anemia sejak dini.

2. Olahraga teratur

Olah raga menjadi suatu keharusan bagi setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Terbukti oleh penelitian, berolahraga memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu mencegah dari berbagai macam penyakit. 

Untuk yang baru akan memulai untuk rutin berolahraga, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan namun rutin tiap minggunya. Giatlah dan selalu konsisten, dua hal tersebut adalah kunci utamanya

3. Konsumsi makanan dengan kandungan zat bezi yang cukup

Mengingat anemia juga disebabkan oleh kurangnya zat besi yang ada di dalam tubuh, maka untuk mencegahnya kamu dianjurkan untuk selalu makan makanan yang sehat dan mengandung zat besi agar asupan gizi berupa zat-zat baik dapat tercukupi. Jangan hanya memakan makanan berlemak tinggi dan berkolesterol, hal itu tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

4. Kurangi kegiatan begadang untuk hal tidak penting

Begadang adalah salah satu hal buruk yang tidak boleh diterapkan jika tidak penting. Ketika tubuhmu dipaksa untuk tetap terjaga padahal seharusnya digunakan untuk istirahat, hal itu akan sangat berpengaruh pada kualitas imun pada tubuhmu. Jika imun menurun, maka segala penyakit akan mudah menyerang, tidak terkecuali dengan penyakit anemia.

Berikutnya kita akan belajar cara mencegah penyakit diabetes sejak dini. 


Cara Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini

Diabetes adalah penyakit atau keadaan di mana kadar gula yang ada pada tubuh sangatlah tinggi. Banyak yang mengira bahwa diabetes selalu mengincar orang-orang yang lanjut usia. Namun mereka salah, faktanya generasi muda juga beresiko mengalami penyakit diabetes.

Pada umumnya, diabetes menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Beda dengan orang yang memiliki imun sehat, yang memiliki hormon insulin guna mengubah gula darah dalam tubuh menjadi sumber energi, biasanya orang yang terkena diabetes tidak memiliki hormon tersebut di dalam tubuhnya.

Sebagai generasi muda, kamu harus paham dan mencegah penyakit ini sejak dini. Jangan menganggap remeh dengan tidak peduli. Selagi memiliki waktu untuk mencegah, lakukanlah sekarang juga. Jangan menunggu sudah terserang penyakitnya.

Inilah beberapa tips atau cara yang dapat kamu terapkan untuk mencegah diabetes sejak dini.

Baca Juga : Penyakit Diabetes Ada Penyebabnya

1. Rutin berolahraga

Olah raga menjadi suatu keharusan bagi setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Terbukti oleh penelitian, berolahraga memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu mencegah dari berbagai macam penyakit. Untuk yang baru akan memulai untuk rutin berolahraga, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan namun rutin tiap minggunya. Giatlah dan selalu konsisten, dua hal tersebut adalah kunci utamanya

2. Mengurangi asupan gula

Seperti yang kita tahu, diabetes disebabkan karena kelebihan kadar gula yang sangat tinggi di dalam tubuh. Hal ini tentunya menjadi suatu keharusan bagi kamu untuk mengurangi konsumsi gula di dalam kehidupan sehari-hari.

3. Jangan bosan mengonsumsi air putih

Daripada kamu meminum minuman yang mengandung banyak kadar gula dan berbahaya bagi tubuh, lebih baik kamu konsumsi saja air putih. Tidak perlu dijelaskan lagi bahwa air putih memanglah sangat bagus. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Pastikan kamu sering minum air putih sesuai takaran anjuran perharinya, ya!

Baca Juga : Hidup Sehat Untuk Kebahagiaan Ada Caranya

4. Jangan malas untuk menurunkan berat badan

Faktanya, sebagian besar orang yang terkena penyakit ini biasanya adalah orang yang memiliki lemak berlebih di tubuhnya. Maka dari itu laksanakan program diet secukupnya agar kamu tidak beresiko terkena diabetes.

Sekian dulu yang artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat takaksehat.com, salam sehat dan teruslah semangat.