Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Jika Sering Mengonsumsi Makanan Kemasan

Bahaya Mengonsumsi Makanan Kemasan

Banyak orang yang tidak perduli akan pola makan yang mereka jalani, apalagi orang yang punya kesibukan, tak jarang makanan olahan dalam kemasan seperti mie instan yang super pedas menjadi pilihan santapan ketika perut sedang keroncongan.

Makanan kemasan merupakan makanan yang dibungkus dengan rapi, bersih, dan mempunyai masa kedaluwarsa untuk dijual atau dikonsumsi oleh manusia dalam jangka waktu yang sudah diperkirakan.

Memang makanan dalam bentu ini sangat praktis, Namun tahukah Anda efek samping dari makanan kemasan yang tidak bisa Anda sepelekan begitu saja. Apa saja bahayanya? Simak ulasan berikut ini yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Berikut penjekasannya beberapa bahaya makanan dalam kemasan:

Mengandung Lemak Trans

Tahukah Anda bahwa lemak trans ini dua kali lebih berbahaya bagi jantung? Bahkan, lemak trans lebih buruk bagi jantung dibandingkan dengan lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik pada tubuh Anda.

Maka dari itu kurangi mengonsumsi makanan dalam kemasan. Sebab, peningkatan kadar lemak jahat dapat mengakibatkan masalah besar bagi pembuluh darah Anda. Selain itu, lemak trans juga dapat meningkatkan kadar lipoprotein dan trigliserida yang bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Kandungan Nutrisinya Hilang

Ternyata, makanan dalam kemasan mengalami serangkaian proses pengolahan yang mengubah bahan mentah atau segar ke dalam bentuk lain. Proses ini mampu menurunkan kandungan gizi dalam makanan. 

Seperti contohnya, vitamin c yang terkandung dalam bahan pangan, bisa hilang begitu saja akibat proses pemanasan dalam pembuatannya.

Terkandung Kalori Tinggi Tanpa Nutrisi

Makanan dalam kemasan biasanya memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi namun tanpa nutrisi. Terkadang, makanan kemasan juga minim akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Padahal, vitamin dan mineral ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Jadi, hanya bisa didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Jika makanan yang Anda konsumsi tidak mengandung nutrisi, organ dalam tubuh pun tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga bisa dengan mudah terkena berbagai macam penyakit mematikan.

Terdapat Bahan Kimia

Saat diproses menjadi makanan siap santap, bahan makanan yang tadinya bernutrisi tingvi malah menjadi minim atau bahkan hilang. Begitu juga rasanya, setelah kita olah, makanan tersebut akan memiliki rasa yang berbeda dari aslinya.

Baca Juga : Mengkonsumsi Micin Berlebihan Ternyata Berbahaya

Supaya rasa dari makanan dalam kemasan tersebut menjadi lebih enak, biasanya para produsen akan menambahkan bahan kimia dan perasa tambahan didalamnya. Inilah yang menjadi bahaya makanan kemasan jika di konsumsi secara berlebihan.

Nah itu dia bahaya kesehatan yang bisa muncul jika Anda sering mengonsumsi makanan dalam kemasan secara berlebihan. Yuk mulai kurangi sekarang juga karena bisa menimbulkan berbagai penyakit membagikan. Jangan sampai ini terjadi pada Anda ya! Semoga bermanfaat..