Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Bahaya Konsumsi Micin Secara Berlebihan

 

Bahaya Konsumsi Micin Secara Berlebihan

Beberapa makanan olahan yang ada di dunia ini mengandung pasti micin didalamnya. Tak heran, karena dengan micin ini dapat membuat semua makanan menjadi terasa lebih gurih dan juga sedap ketika di santap

Namun, tahukah Anda apa saja dampak negatif dari penggunaan micin yang berlebih bagi kesehatan tubuh?

Mengonsumsi micin sebesar 0.5-1.7 gram per hari umumnya tidak akan menimbulkan efek samping apapun, Namu, beda lagi jika Anda konsumsi secara berlebihan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penggunaan micin yang berlebih mampu menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak negatif yang akan kamu rasakan ketika konsumsi micin secara berlebih ini? Durian juga berbahaya jika dimakan berlebihan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 bahaya jika terlalu banyak makan micin:

1. Sakit Kepala dan Hipertensi

Mengonsumsi micin secara berlebihan diyakini bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Beberapa orang yang alergi terhadap micin juga akan mengalami efek seperti sakit kepala setelah mengonsumsinya. Walau demikian, penyebab itu terjadi belum diketahui secara pasti.

2. Rusaknya Sel Saraf

Beberapa penelitian menyatakan jika glutamat pada MSG dosis tinggi dapat bertindak sebagai racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel saraf. Bahkan, disebutkan juga bahwa MSG dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan pemicu kerusakan berbagai organ tubuh.

Sejumlah penyakit yang dikaitkan dengan kerusakan saraf akibat konsumsi MSG secara berlebih adalah penyakit Alzheimer, Parkinson, dan stroke.

3. Kerusakan Ginjal dan Depresi

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi micin dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pads ginjal dan gejala depresi akibat penurunan serotonin, yaitu sinyal di otak yang memengaruhi suasana hati dan emosi kita.

4. Dapat menyebabkan kegemukan (Obesitas)

Jika Anda mengonsumsi micin secara berlebihan setiap hari diyakini dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan, lho. Namun, penelitian ini belum begitu jelas, perlu diteliti lebih lanjut karena ada pula penelitian lain yang menyatakan bahwa micin dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dan dapat membantu menjaga berat badan dan cocok untuk diet.

5. Chinese Restaurant Syndrom

Dari namanya aja sudah ngeri ya hehe, Kondisi ini bisa terjadi pada Anda jika mengonsumsi micin lebih dari 3 gram per hari. Gejala sindrom ini beragam, mulai dari sakit kepala, mati rasa, kemerahan, kesemutan, jantung berdebar, nyeri dada, mual, lemah, letih, dan membuat ngantuk.

Perlu Anda ketahui, semua efek samping atau dampak buruk dari mengonsumsi micin secara berlebihan diatas memang masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, harus diperhatikan bahwa konsumsi makanan apapun secara berlebihan memang tidak baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk membatasi konsumsi micin untuk meminimalkan risiko terjadinya gangguan kesehatan pada diri Anda. Semoga bermanfaat..


Posting Komentar untuk " 5 Bahaya Konsumsi Micin Secara Berlebihan"