Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan Tubuh 

Takaksehat.com _ selamat datang diblog kita yang kaya akan informansi kesehatan. Kali ini saya akan  menjabarkan manfaat dan kasiat terbaik dari buah yang sering kita jadikan sayuran. Yaitu Terong. Mari lanjut dibaca sahabat.

Terong ialah tanaman asli Srilanka yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Nama ilmiah terong ialah solanum melongena yang dimasukkan dalam kelas buah beri. Sayur terong mempunyai kandungan zat besi, kalsium dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Terong kerap kali dimasak dengan direbus, dipanggang dan dimakan dengan cocolan sambal atau dijadikan sayur berkuah santan yang dikenal dengan nama sayur lodeh. Kemudian apa sajakah khasiat yang terkandung dalam terong ? berikut ialah beberapa diantara manfaatnya.

1. Menyehatkan jantung

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol serta menstabilkan tingkat tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terhidrasi dengan baik karena terong mengandung kalium. 

2. Melindungi otak

Zat fitonutrien yang ada dalam terong dapat menjaga membran sel sehingga terlindung dari kerusakan. Sebab membrane sel dapat berfungsi dengan baik maka sel-sel dapat memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain. Sayur terong bisa pula dikatakan sebagai sumber makanan bagi otak sebab  bisa menjaga dan melindungi fungsi memori.

3. Menurunkan berat badan

Kadar air dalam terong cukup tinggi tetapi rendah kalori sehingga terong ideal sebagai makanan orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Teksturnya kenyal sering dijadikan orang sebagai lalapan atau di rebus/dikukus .

4. Membantu pencernaan

Sebab kandungan serat yang tinggi dalam terung, sehingga terong dapat mencegah sembelit yang dapat mengakibatkan resiko terkena kanker usus besar.

5. Mengontrol gula darah

Terong ialah jenis sayuran yang kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Terong berguna mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Hal ini menjadikan terong sebagai salah satu pilihan makanan terbaik bagi penderita  diabetes tipe 2. 

Contoh olahan terong agar dapat dinikmati ialah dengan merebus terong dan tempe serta mencampurnya dengan sambal. 

Cara membuatnya sangat mudah, praktis dan sangat lezat disantap dengan nasi hangat ditemani lauk lain seperti ikan goreng atau ikan asin bila suka. Demikian ulasan artikel mengenai manfaat mengkonsumsi terong untuk kesehatan tubuh, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Selamat manikmati hari kalian bersama buah Terong, dan tetaplah menjalani pola hidup sehat. Salam sehat dari saya.

Posting Komentar untuk " Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan Tubuh"