Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Yang Pelu Kamu Tahu

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Yang Pelu Kamu Tahu

Banyak yang mengira cabe tidak mempunyai  khasiat bagi kesehatan bahkan bila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan seperti sakit perut dan diare. 

Terlalu banyak mengkonsumi cabe juga membuat lambung terasa panas terbakar. 

Padahal dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, cabe mempunyai  khasiat mengurangi resiko kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menyembuhkan luka.

Salah satu ilmuwan yang menyelidiki khasiat cabe ialah okter Khursheed Jeejeebhoy, seorang Ahli penyakit dalam dari University of Toronto. 

Beliau menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur tetapi tidak berlebihan untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan mengurangi resiko kanker.

Hasil penelitian laboratorium di Inggris menemukan, kandungan capsaicin pada cabai yang menimbulkan rasa pedas, bisa membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. 

Terbukti di beberapa negara yang masyarakatnya banyak mengkonsumsi makanan pedas seperti Meksiko dan India, jumlah penderita kanker relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan negara-negara barat yang kurang menyukai makanan pedas. 

Tim peneliti dari Australia juga menemukan bahwa dengan menambahkan cabe  dalam masakan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, selain itu cabe juga dapat menstabilkan kadar insulin dalam darah.

Selain sebagai zat anti kanker dan penurun kolesterol dalam darah, cabe juga menjadi penyembuh luka dan dapat meredakan demam tinggi. Kelentang untuk kamu dan menyehatkan.

Daun cabe sering digunakan orang-orang di pedesaan untuk meredakan demam tinggi. Caranya dengan menumbuk daun cabe dan mencampurnya dengan minyak kelapa setelah itu tempelkan pada ubun-ubun atau dibalurkan ke seluruh tubuh.

Sebagai penyembuh luka cabe merah yang dikeringkan dan ditumbuk setelah itu dioleskan ke luka dapat mempercepat proses penyembuhan, hal ini disebabkan adanya zat capsaicin yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Manfaat lain dari cabe ialah :

1. Meredakan pilek dan hidung tersumbat

2. Memperkecil resiko terserang stroke

3. Sebagai antibiotik alami

4. Meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi

5. Meningkatkan nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya

6. Kandungan antioksidannya dapat digunakan untuk mengatasi penuaan dini

7. Membantu pembakaran kalori hingga 25%

8. Mengatasi perut kembung

9. Sumber vitamin C dan provitamin A bagi tubuh

10.Mengandung kalsium dan fosfor bagi tubuh.

Nah, demikianlah artikel tentang manfaat cabe bagi kesehatan yang pelu kamu tahu, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para bembaca sekalian.