Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Hallo sahabat takak sehat, dalam tubuh yang sehat terdapat kemauan dan kemampuan untuk menuju kehidupan yang sukses. Dalam tubuh sehat terdapat raga yang dapat menikmati kehidupan. Kali ini kita akan mengetahui dan saya berharap sahabat takak sehat mempraktekkan hal ini dirumah masing-masing. Yaitu mau mengkosumsi makanan alami yang telah alam sediakan bagi kita.

Mari bersama kita baca manfaat dari salah satu sayuran yang tidak susah untuk ditemu terutama di pasar. Yaitu sayur bayam. Selamat menikmat bacaan kita.

Bayam ialah salah satu tanaman sayur hijau yang sangat kaya akan manfaat dan zat gizi penting untuk kesehatan tubuh kita. 

Tumbuhan sayur ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang sudah tersebar keseluruh dunia. Manfaat bayam untuk kesehatan sangat banyak yang bisa kamu  ketahui. 

Berikut ialah beberapa manfaat bayam yang bisa kamu ketahui untuk Kesehatan tubuh:

1. Bayam bermanfaat sebagai sumber Anti-inflamasi. 

Hal ini disebabkan karena di dalam bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi. Oleh sebab itu daun bayam ini dimanfaatkan sebagai sayur pilihan terbaik untuk penderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. 

2. Bayam berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Sayur bayam ini banyak mengandung kalium dan rendah solium yang tingkat mineralnya seimbang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, kandungan folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah. 

3. Bayam bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. 

Penyakit Osteoporosis bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi sayur bayam. Untuk secangkir rebusan air daun bayam segar bisa memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan tulang kropos. Tak hanya itu,  mineral lainnya misalnya  seng, tembaga, magnesium,  dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang. 

4. Bayam bisa mencegah terjadinya diabetes. 

Sayur bayam sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium yang terkandung dalam bayam bisa membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi secara rutin sayur bayam yang membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak. 

5. Meningkatkan kualitas penglihatan. 

Sayur bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Sayur bayam ini juga kaya akan vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk penglihatan. 

6. Bayam untuk Melawan Sel Kanker. 

Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid yang terkandung dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. 

Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut dapat menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker kulit dan kanker perut. Denagan cara mengkonsumsi bayam secara rutin sel kanker yang akan mengendap pada tubuh kita akan tercegah.

Manfaat sayur bayam yang terakhir berfungsi untuk mengobati pendarahan gusi. Cara mengkonsumsinya cukup dengan membuatnya jus bayam dengan dicampur jus wortel. Hal itu sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan terlalu banyak gula halus.

Salam saya

Saya harap sahabat saya yang membaca Tulisan ini memulai hidup sehat, dan jika Anda sudah memulainya janganlah berhenti dan lanjutkan kebiasaan itu, sehat selalu sahabat.